Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini

Siti Soleha Ayu Fitriani, Amelia Vinayastri

Sari

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun yang teruji oleh pakar dan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan berulang-ulang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model Brog and Gall. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah responden pada uji skala kecil sebanyak 28 responden dan uji kelayakan skala besar sebayak 202 responden.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penghitungan pada uji pakar instrumen kemampuan berpikir kritis mendapatkan nilai rata - rata presentase sebesar 92,2% dengan kategori sangat valid. hasil penghitungan pada uji coba produk skala kecil memperoleh nilai rata – rata presentase untuk responden guru sebesar 81% dengan kategori valid dan responden orang tua sebesar 85% dengan kategori valid. Hasil penghitungan pada uji kelayakan skala besar memperoleh koefisien nilai rata rata presentase untuk responden guru sebesar 88% dengan kategori sangat valid dan untuk responden orang tua sebesar 82% dengan kategori valid. Nilai koefisien reliabilitas pada uji produk skala kecil sebesar 0,965 dan pada uji coba kelayakan skala besar sebesar 0,960 yang menunjukkan bahwa instrumen kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan layak untuk digunakan.

Teks Lengkap:

PDF

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.8973

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.