PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI DENGAN MICROSOFT POWERPOINT ISPRING PADA MATERI PENGENALAN KONSEP BILANGAN

Isi Artikel Utama

Endang Suprapti

Abstrak

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI DENGAN MICROSOFT POWERPOINT ISPRING PADA MATERI PENGENALAN KONSEP BILANGAN

 

Endang Suprapti

Prodi PAUD Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

Abstrak

Pengenalan konsep matematika di Taman Kanak-kanak  dapat  dilakukan melalui berbagai metode antara lain metode bercerita, tanya jawab, pemberian tugas, praktek langsung atau melalui berhitung. Permainan berhitung merupakan bagian dari matematika yang diperlukan untuk menumbuh kembangkan  keterampilan  pengenalan  konsep matematika yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terutama mengenal lambang bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan kognitif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika anak usia dini dengan Microsoft PowerPoint Ispring pada materi pengenalan konsep bilangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (class action research) yang menggunakan metode campuran (mixing method) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan: Permainan Media Microsoft Powerpoint Ispring merupakan alat permainan yang dapat meningkatkan kemampuan matematika pada anak, dimana anak bermain mengenal konsep angka, serta anak  akan lebih  bisa  mengurutkan,  membilang, menghubungkan jumlah benda-benda dengan angka.

Kata Kunci: matematika, Taman Kanak-kanak, Media Microsoft Powerpoint Ispring

 

Abstract

The introduction of the concept of mathematics in kindergarten can be done through various methods such as storytelling, frequently asked questions, assignments, directly or through the practice of arithmetic. Counting game is part of the necessary mathematical skills to cultivate useful introduction to mathematical concepts to everyday life, especially knowing symbol number which is the basis for the development of cognitive abilities. The purpose of this research is to improve early childhood mathematics learning with Microsoft PowerPoint iSpring in material introduction of the concept of numbers.

This study is a Class Action Researc that uses a mixed method (mixing method) with qualitative and quantitative approaches. Conclusion: Microsoft Powerpoint iSpring Media Game is a game tool that can improve math skills in children, where children play familiar with the concept of numbers, and the child will be able to sort, count, connecting the number of objects with numbers.

Rincian Artikel

Referensi

  1. ----“ Grand Design Pendidikan Karakter. 2010. Draft-Revisi 25 Februari 2010
  2. ---jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 1, Juni 2013 ISSN 0215-9643
  3. Setiawati, Agus, Farida. Iksan Wasesa. Aswarni Sudjud. 2007. “ Modul 1 EMPATIâ€. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Budimansyah, Dasim dan Syaifullah Syam (Ed). 2006. Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) FPIPS-UPI
  5. Ibrohim, “Rambu-Rambu Penyusunan Perangkat Pembelajaran Dalam Kegiatan Lesson Studyâ€, makalah pada workshop bagi Dosen FKIP UM Surabaya, 25 Januari 2012
  6. Kemendiknas, (2010), Grand Design Pendidikan Karakter.
  7. Kusmin , Aplikasi Penddikan Karakter Di Kelas, Jurnal Literasi Vol.3 No. 03 November 2011
  8. Mahsun, Badruli Martati, Misrin Hariyadi (2006), “ Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Pada Anak Melalui Pemberdayaan Peran Perempuan Di Keluargaâ€. DP3M Dikti Depdiknas. Dipublikasikan dalam jurnal ISSN : 1412-5889 Nama jurnal : Didaktis.Vol. 7 No: 2 Juni 2008, hal 1 – 65.
  9. Martati, Badruli, dkk (2005), “Pemahaman nilai – nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar†Dipublikasikan Depertemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan dalam Sari Penelitian Pembelajaran Hibah PTK dan PPKP Tahun 2005, Tahun 2006 hal. 53
  10. Martati, Badruli, Ali Nuke, Warsono, Ketut Prasetya. (2008), Penanaman Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemberdayaan Sampah Sebagai Media Pembelajaran Menuju Tatanan Masyarakat yang Demokratis, Laporan Akhir Hibah Pekerti: Dibiayai oleh Dirjen Dikti Depdiknas dengan Surat Perjanjian Pelaksanan Hibah Penelitian TA 2008 No: 251/SP2H/PP/DP2M/III/2008 tanggal 5 Maret 2008
  11. Martati, Badruli, (2010). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Strategi Penanaman Nilai, Jilid I. Bandung: Genesindo
  12. Martati, Badruli; ( 2011), Implementasi Pendidikan Nilai dan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Manusia Indonesia yang Bertaqwa Prosseding Full Paper Seminar Nasional, ISSN: 2087-8672 Hal. 181
  13. Martati, Badruli, Idris, Misrin;(2012) Instilling Natural Disaster Preparedness Through CTL, Proceedings of The 2011 International Seminar On Character Education, ISSN:2089-3450, Page.35.www.fkip_um Surabaya.co.id
  14. -------, PLPG Kuota 2012, Guru Sekolah Dasar. Rayon 142 UNIPA Surabaya
  15. Nasution, Bahder Johan.,2012. Negara Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bandung: CV. Mandar Maju
  16. Yusuf, Muhammad; “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Media Pembentukan Karakter, Majalah Pendidikan Gerbang 2 Thn VI-2006.
  17. Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
  18. Winataputra,Udin.S. dan Dasim Budimansyah. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar, dan Kultur Kelas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  19. Winarno.(2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah Di