Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Di Surabaya

Authors

  • Agus Sarwo Edi Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Erwan Aristyanto Universitas Wijaya Putra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.15955

Keywords:

knowledge, location, promotion and interests

Abstract

This study aims to know and describe the analysis of factors that affect people's interest in becoming customers in sharia bank. Respondents to the analysis in this study were residents in Surabaya City as many as 100 people.Samples are taken using incidental sampling techniques that use samples based on accidentally meeting with researchers when viewed by a suitable person as a data source. Data analysis is performed using statistics with SPSS version 20 tools. Based on the results of data analysis using t test it is known that partially partial knowledge variables have a positive and significant effect on public interest.Location variables have no positive and insignificant effect on public interest.Promotion variables have a positive and significant effect on people's interests. Simultaneous results of knowledge, location, and promotion have a significant effect on people's interest in becoming customers in Sharia banks.There is a dominant influence on people's interest in becoming customers in sharia banks indicated by promotional variables.

Author Biographies

Agus Sarwo Edi, Universitas Wijaya Putra Surabaya

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Erwan Aristyanto, Universitas Wijaya Putra Surabaya

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Aziz, Muh. Abdul. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Remaja Masjid di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN Salatiga.

Amalia, Reski. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Masyarakat Muslim Di Kecamatan Bara Mengambil Pembiayaan Pada Bank Syariah Di Kota Palopo. Fakultas ekonomi dan bisnis islam. Institut agama islam negeri palopo.

Dae, Asmat. 2017. Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Bank Syariah Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Fatmiati, Anwalina Hulul. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kurangnya Minat Masyarakat Muslim Mengambil Pembiayaan Pada Bank Syariah Di Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Fakultas ekonomi dan bisnis islam. Institut agama islam negeri palopo.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.

Irnawati, Indi. 2019. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Masyarakat

Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar). Fakultas ekonomi. Universitas negeri makassar.

Irdayanti, Irdayanti. 2019. Pengaruh Pengetahuan Dan Lokasi Terhadap Kurangnya Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Masyarakat Desa Ladongi Kec. Malangke Kab. Luwu Utara). Other Thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Maghfiroh, Nur Laili. 2019. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Nasabah BMT An-Nur Rewwin Sidoarjo). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Program Studi Ekonomi Syariah Surabaya.

Nurfaidah, Sitti, S. 2019. Hubungan Pengetahuan Nasabah Dengan Motivasi Menabung Pada PT. Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari. Skripsi thesis, IAN KENDARI.

Pabbajah Mustaqim., Ratri Nurina Widyanti & Widi Fajar Widyatmoko. 2019.The Factors Of Service, Religiosity And Knowledge In The Decision Of Customers To Save Funds In Sharia Banks In Yogyakarta City. Journal of Business, Humanities, Education, and Social Sciences. ISSN: 2685-0931. Vol. 1, No.2. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rejeki, Sri., Muhammad Rizqie Aris., Roqi Yasin. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Jurnal Fokus Bisnis, Vol.18, No.01. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rosadi, Abdul Gopur. 2019. Pengaruh Lokasi, Religiusitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Produk Tabungan Islamic Banking (iB) Dhuha Haji di PT. Bank Riau Kepricapem Flamboyan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rangkuti, Suci Nadhilah. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Non-Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Medan. Fakultas ekonomi dan bisnis. Universitas sumatera utara.

Rosanti, Novita. 2019. Factors Affecting the Decision of Non-Muslims To

Become Customers of Islamic Banks in Makassar. Journal Business and Entrepreneurial Review.Vol.19, No.2.ISSN : 2252-4614. Institute of Business and Finance NITRO, Makassar

Soraya, Brendha Mieke. 2018. Analisis Faktor Minat Anggota Dalam Pemanfaatan Pembiayaan Murabahah Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Peta Trenggalek Dan Bmt Sinar Amanah Boyolangu Tulungagung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Saraswati, Nurul. 2016. Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat KCP MAGELANG (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Magelang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Walisongo Semarang.

Sari, Ayu Retno. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat

Masyarakat Muslim Menabung Di Bank Syariah(Studi Kasus Masyarakat Muslim di Kabupaten Bantul, Yogyakarta). Jurnal Ekonomi. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Silalahi, Cita Ayni Putri dan Dalmi Iskandar Sultani. 2020. Pengaruh Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Kurangnya Minat Mahasiswa FKIP Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Menabung di Bank Syariah. Journal of Economics and Accounting. ISSN 2722-841X. Vol 1, No 1. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Edi, A. S., & Aristyanto, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Di Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.15955

Issue

Section

Artikel