Tinjauan Program Pelatihan Perkawinan di KUA Kecamatan Pameungpeuk

Penulis

  • Nadya Destiana Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yumna Rais UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ai Nelti Nuraisyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmawati Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v11i1.7238

Kata Kunci:

Pelatihan, Perkawinan, Kantor Urusan Agama (KUA)

Abstrak

Pelatihan dan pengembangan pada umumnya digunakan oleh perusahaan, organisasi, lembaga dan instansi-instansi lainnya. Sama halnya di dalam Kantor Urusan Agama diperlukan berbagai pelatihan dan pengembangan, termasuk pada pelatihan perkawinan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang kaidah-kaidah Islam, tentang keluarga dan persiapan fisiologis serta psikologis mereka agar pasangan calon pengantin lebih memahami dunia perkawinan dan membekali mereka pengetahuan untuk membentuk keluarga yang bahagia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tinjauan program pelatihan perkawinan di KUA kecamatan Pameungpeuk. Program pelatihan perkawinan ini diselenggarakan di KUA kecamatan Pameungpeuk bertujuan untuk meningkatkan hubungan sebelum memasuki dunia rumah tangga sehingga dapat menciptakan hubungan pernikahan yang stabil dan sesuai harapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan kepustakaan untuk dilakukan analisis terhadap tinjauan program pelatihan perkawinan di KUA kecamatan Pameungpeuk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan perkawinan pada Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka mengurangi angka perceraian di Indonesia terutama di KUA Kecamatan Pameungpeuk. Terdapat dua jenis program yang dilaksanakan yaitu seminar umum dan konseling individu. Program pelatihan perkawinan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi calon pengantin yang akan membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Biografi Penulis

Nadya Destiana Putri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ushuluddin/mahasiswa

Yumna Rais, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ushuluddin/Pembimbing Jurnal/Dosen

Ai Nelti Nuraisyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ushuluddin/Mahasiswa

Rahmawati Rahmawati, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ushuluddin/Mahasiswa

Referensi

Damayanti Indah.2016.Rancangan Konseling Pranikah Bagi Pasangan Yang Sudah Berencana Untuk Menikah.Psikologia: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi.Vol. 11, No. 1, hal. 12.

Elizar, Tanjung Hasrudi.2018.Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai.Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.Vol 1, No. 1.

Grady.L Melvin, dkk.2016.Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Jurnal EMBA, Vol. 4 No.2.

Khurotin Nurul, A. Tri Wulida.2018.Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT. Beon Intermedia Cabang Malang.Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 64 No. 1.

Maleong Lexy J.2005. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

N.Marono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan Analisis Data.Jakarta: Raja Grafindo.

Shabandini Khalfun Rais dan Panjalu Gandhung Fajar.2019.Perbandingan Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan dan Ob Rom Kan Tengang dalam Mempersiapkan Calon Pengantin.Maqasid : Jurnal Studi Hukum Islam Vol. 8 No. 1.

Sugiono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d,.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.Bandung.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta.

Turere Verra Nitta.2013.Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey.Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.

Walgito Bimo.2004.Bimbingan dan Konseling Perkawinan.Yogyakarta: Andi Offset.

Wati Maulidiyah.2019.Analisis Program Bimbingan Perkawinan dalam Mewujudkan keluarga Sakinah Studi Kasus di KUA Lowokwaru Kota Malang, Jurnal Ilmiah Hukum Keluarga Islam.Vol.1 No.2.

Willis Sofyan S.2011.Konseling Keluarga.Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2022-04-11

Terbitan

Bagian

Artikel