Perbandingan Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Dan Ob Rom Kan Tengngan Dalam Mempersiapkan Calon Pengantin (Studi Kasus Kemenag Kota Surabaya Dan Majelis Agama Islam Thailand Selatan)

Khalfun Rais Shabandini, Gandhung Fajar Panjalu

Sari

ABSTRAK

Sebelum melakukan perkawinan seorang remaja harus mempersiapkan bekal untuk mewujudkan rumah tangga yang sesuai dengan tujuan Islam yaitu sakinah. Di Indonesia dan Thailand Selatan terdapat model pembinaan pra nikah, di Indonesia dikienal dengan istilah bimbingan perkawinan dan di Thailand Selatan disebut dengan Ob Rom Kan Tengngan. Penelitian ini bermaksud menganalisis bagaimana pelaksanaan pembinaan pra nikah di Indonesia dan Thailand Selatan, dan bagaimana perbandingan pelaksanaan dari keduanya.

Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan. Peneliti mengumpulkan data langsung dan wawancara pada pihak yang bersangkutan di Kemenag Kota Surabaya dan di Majelis Agama Islam (MAI) Thailand Selatan tepatnya di Provisi Nakhon Si Thammarat dan Phatthalung. Dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis pelaksanaannya, dan menggunakan analisis komparatif untuk membandingkan menganalisis perbandingan pelaksanaannya.

Hasil Penelitian ini menyebutkan bahwa perbandingan pelaksanaannya meliputi 4 aspek: persamaan, perbedaan, keunggulan dan kekurangan.

 

 

Kata Kunci: Bimbingan Perkawinan, Ob Rom Kan Tengngan, Calon Pengantin

Teks Lengkap:

Pdf

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.