Perbandingan Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Dan Ob Rom Kan Tengngan Dalam Mempersiapkan Calon Pengantin (Studi Kasus Kemenag Kota Surabaya Dan Majelis Agama Islam Thailand Selatan)

Penulis

  • Gandhung Fajar Panjalu Prodi Ahwal al Syakhshiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v8i1.3333

Abstrak

ABSTRAK

Sebelum melakukan perkawinan seorang remaja harus mempersiapkan bekal untuk mewujudkan rumah tangga yang sesuai dengan tujuan Islam yaitu sakinah. Di Indonesia dan Thailand Selatan terdapat model pembinaan pra nikah, di Indonesia dikienal dengan istilah bimbingan perkawinan dan di Thailand Selatan disebut dengan Ob Rom Kan Tengngan. Penelitian ini bermaksud menganalisis bagaimana pelaksanaan pembinaan pra nikah di Indonesia dan Thailand Selatan, dan bagaimana perbandingan pelaksanaan dari keduanya.

Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan. Peneliti mengumpulkan data langsung dan wawancara pada pihak yang bersangkutan di Kemenag Kota Surabaya dan di Majelis Agama Islam (MAI) Thailand Selatan tepatnya di Provisi Nakhon Si Thammarat dan Phatthalung. Dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis pelaksanaannya, dan menggunakan analisis komparatif untuk membandingkan menganalisis perbandingan pelaksanaannya.

Hasil Penelitian ini menyebutkan bahwa perbandingan pelaksanaannya meliputi 4 aspek: persamaan, perbedaan, keunggulan dan kekurangan.

 

 

Kata Kunci: Bimbingan Perkawinan, Ob Rom Kan Tengngan, Calon Pengantin

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-02

Terbitan

Bagian

Artikel