Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Long Distance Relationship (Studi Kasus Desa Brangsi Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan)

Penulis

  • Thoat Stiawan UMSurabaya
  • Salman Al Farisi UMSurabaya
  • Novia Astri Prihatini UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v11i2.16064

Kata Kunci:

Ketahanan keluarga, Long Distance Relationship.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model ketahanan keluarga pada pasangan Long Distance Relationship (LDR) di desa Bangsri, Kec. Laren, Kab. Lamongan. Ketahanan keluarga merupakan kondisi dinamis suatu kelurga yang mempunyai ketangguhan dan keuletan, serta mengandung kemampuan dari segi fisik material dan psikis mental spiritual untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga untuk hidup harmoni serta meningkatkan kesejahteraan dari lahir dan batin. Dalam kehidupan berkeluarga terdapat kondisi pernikahan yang terjalin secara long distance relationship atau menjalani kehidupan keluarga secara terpisah atau tidak dapat bertemu secara langsusng sebab terhalang oleh jarak, waktu dan tempat namun mereka tetap saling berkomitmen kepada pasangannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan analisis data penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada pasangan LDR dan Stakeholder terkait.

Referensi

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Anisah, Laelatul. Cahya Milia Tirta Safitri. “Ketahanan Keluarga Di Masa Pandemic (Studi Kasus Pada Istri Yang Menjalani Long Distance Marriage) Di Kabupaten Kendal.†Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman 7, no. 2 (2021).

Anna Apriana & Hidayant Agu, Khazin Fauz. “Kajian Miina Belanja Kebutuhan Pokok Warga Perumahan Royal Mataram.†Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi 4, no. 2 (2017): 43.

Awi, Maria Victoria, Norma Mewengkang, and Antonius Golung. “Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga Di Desa Kimaamkabupaten Merauke.†Acta Diurna Komunikasi 5, no. 2 (2016).

Azhari, Ari. “Peran Program Satu Keluarga Satu Sarjana Baznas Bagi Ketahanan Keluarga.†Jurnal Iqtishaduna 4, no. 2 (2021).

Brown, Norman M. “Love And Intimate Relationship.†Jurnal Onine journeys Of The Heart (2002).

Cahyaningtyas, Anisah. dkk. Pembangunan Ketahanan Keluarga. Jakarta: Cv. Lintas Khatulistiwa, 2016.

Darahim, Adarus. Membina Keharmonisan & Ketahanan Kelurga Darahim, Andarus. Jakarta Timur: GH Publishing, 2015.

Herdiana, Suryanto dan Handoyo. Family Resilience: A Conceptual Review. Atlantis Press, 2018.

Herien, Puspita. Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga. Bogor, 2013.

Indrawati, Yeni. “Hubungan Antara Tingkat Keharmonisan Kelurga Dan Kematangan Emosi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Brebes.†Universitas Negeri Semarang.

Muchimah. “Ketahanan Keluarga Buruh Migran Di Karang Pakis, Nusawungu, Cilacap.†Jurnal Al-Ahwal 13, no. 1 (2020).

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-29

Terbitan

Bagian

Artikel