Analisis Konflik Keluarga Dalam Perspektif Roda-Konflik Bernard Mayer Pada Kasus Pembunuhan Anak Dan Penganiayaan Istri Oleh Suami Di Depok

Penulis

  • Andi Sitti Maryam Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v11i2.16063

Kata Kunci:

konflik keluarga, roda-konflik Bernard Mayer

Abstrak

Konflik tidak terelakkan dalam kehidupan dan interaksi antar manusia termasuk dalam lingkup keluarga. Pemahaman dalam memetakan penyebab konflik berikut pemicunya sangat penting dalam upaya mencegah dan menyelesaikan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan penyebab dan pemicu konflik keluarga yang berujung pada tindakan kekerasan ekstrim yaitu penganiayaan berat dan pembunuhan yang dilakukan oleh seorang suami di Depok Jawa Barat pada Tanggal 1 November 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi kualitatif. Data kasus berupa keterangan kronologi kejadian, keterangan dari pelaku dan saksi diperoleh dari pemberitaan media online. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif menggunakan konsep roda-konflik Bernad Mayer yang menjelaskan sebab dan pemicu konflik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa konflik dipicu oleh persoalan komunikasi dan emosi, sedangkan penyebab konflik berpusat pada kebutuhan (needs), berupa kebutuhan hidup (survival need) serta kepentingan-kepentingan (interests) dari para pihak, berupa kepentingan substantif, dan psikologis. Kepentingan yang teridentifikasi adalah kepentingan substantif dari pihak istri yaitu pelunasan tagihan hutang ke Bank dan keberatan atas perilaku suami yang sering pulang pagi. Sedangkan dari pihak suami kepentingan yang teridentifikasi adalah kepentingan psikologis, yaitu kepentingan untuk dihargai hasil kerja kerasnya dalam mencari nafkah untuk keluarga.

 

Biografi Penulis

Andi Sitti Maryam, Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah SUrabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-29

Terbitan

Bagian

Artikel