EXPLORASI MONYET EKOR PANJANG (Macaca Fascicularis ) DI DESA GEGER KABUPATEN BANGKALAN MADURA

Munawaroh Munawaroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi keberadaan Monyet ekor panjang (macaca fascicularis) di Desa Geger Kabupaten Bangkalan Madura sebagai bahan media edukasi konservasi bagi masyarakat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasinal dengan luas wilayah 44 Hektar. Aspek yang di teliti dalam penelitian ini yaitu habitat monyet, pola penyebaran monyet, populasi monyet, dan tingkah laku monyet. Hasil dari penelitian ini habitat monyet terdiri dari hutan lebat, pendopo yang terdiri dari bangunan, dan makam yang terdiri dari bangunan, pada pola penyebaran yaitu di ukur dari jarak sisi barat (900m), timur (4.6km), utara (2km), dan selatan (500m), untuk kepadatan populasi sebanyak 107 ekor monyet mulai dari yang belita, muda dan dewasa, yang dibedakan dari jenis kelaminnya, sedangkan pada tingkah laku terdiri dari 4 bagian dan di lihat dari cara, waktu, dan tempat monyet ekor panjang beraktivitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah habitat monyet ekor panjang di kawasan bukit geger di kategorikan masih layak sebagai habitat monyet ekor panjang, pola penyebaran yang sangat luas mulai dari jarak 500 m – 4,6 km, untuk kepadatan populasi monyet termasuk di kategori rendah  (0,178 ) dan sedangkan untuk tingkah laku monyet ter diri dari 4 bagian yaitu : 1, makan –minum, 2, reproduksi, 3,istirahat , dan 4, interaksi dengan sesama spesies.

Keywords

Bukit Geger, Bangkalan Madura; Konservasi; Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis), Media Edukasi

References

Anisa, & Kiki. (2018) Perilaku Harian Kera Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) Individu Jantan Alpha Di Bukit Lawing Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Awwaluddin, M. Bilal (2017). Kajian Tingkah Laku Dan Penyebaran Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) Di Kawasan Lembah Gembul Desa Jadi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Skripsi Universitas PGRI Ronggolawe.

Amir. Dkk. (2016). Validasi Bahan Ajar Pengajaran IPA Smp/Mts Berbasis Riset Perilaku Makan Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis Rasles) Di Hutan Karet. Jurnal Fakultas Kehutanan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mengkurat Banjarmasin Indonesia (Di Akses Pada 19 Maret 2019, 15 : 15).

Alimosin, M. Firman. (2015) Analisa Potensi Sumber Daya Alam Pesisir Pantai Sembilangan Kabupaten Bangkalan Sebagai Pantai Wisata. Skripsi Institut Sepuluh November Surabaya.

Anggraeni, Septa. (2013). Populasi Dan Habitat Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) Di Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Dan Sekitarnya. Skripsi Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. (Di Akses Pada 19 Maret 2019, 15 : 19).

Fitri. rahmi, dkk. (2013) Kepadatan Populasi Dan Struktur Kelompok Sumpai (Presbytis Melalophos) Serta Jenis Tumbuhan Makanannya Hutan Pendidikan Dan Penelitian Biologi (HPPB) Universitas Andalas. Jurnal Biologi Universitas Andalas (J. Bio. UA). ISSN: 2303-2162 (diakses pada 20 februari 2019, 08 :00)

Gumert, Michael. (2012). Populasi Monyet Ekor Panjang ( Macaca fascicularis) di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Jurnal Primatologi Indonesia .Pusat Studi Satwa Primata, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.

Gusnia, Anita. (2013). Perilaku Seksual Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis Raffles 1821) Di Penangkaran Semi Alami Pulau Tinjil, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Skripsi Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan Dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Handayani, Sri. (2010). Pengembangan Efektifitas Pemberian Informasi Melalui Media Cerita Bergambar (Komik) Versi BKKBN Dengan Leaflet. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol.7. No.1. (Di Akses Pada 15 Maret 2019, 15 : 02).

Indrawan, mochamad. (2012). Biologi Konservasi.Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v7i2.9318