PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MA MUHAMMADIYAH 09 LAMONGAN

Nur Shoimah, Lina Listiana

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah belum optimal dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain). Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Muhammadiyah 09 Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata 68,04% dalam kategori kritis, dan terhadap aktivitas belajar kategori sangat baikĀ  dengan nilai rata-rata 86,04%. Keterlaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) dengan kategori sangat baik.

Keywords

Aktivitas belajar; Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran kooperatif tipe POE (predict-observe-explain)

References

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Dimyati, Mudjoko. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ertikanto, Candra. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Media Akademi

Farikha, L. I., Redjeki, T., & Utomo, S. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Disertai Eksperimen Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret: Vol. 4 No 4 2015

Holisin, I., & dkk. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi & Artikel. Surabaya: UMSby

Press.

Istiqomah. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Laporan Hasil Wawancara Melalui Penerapan Modifiksi Pembelajaran Kooperatif Model CIRC dengan Media Batik Metri TV bagi Siswa Kelas X-4 SMA Negeri I Batu Tahun 2011-2012. Jurnal Ilmiyah Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Vol 7: hlm 133-263

Sari, N.K. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal. Skipsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alpabeta

Yulianto , E., Sopyan, A., & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kognitif Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Negeri Semarang: ISSN 2252-6935


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jpb.v7i2.9314