PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA

Dewi Heri Puspitasari, Lina Listiana, Ruspeni Daesusi

Sari

Sejauh ini guru belum pernah melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa, mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mendiskripsikan respon siswa terhadap model PBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian One Shot case Study. Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya, yaitu secara individu ditunjukkan pada siklus I siswa yang memiliki kategori SK sebesar 2 siswa dan pada siklus II menjadi 16 siswa, sedangkan secara klasikal pada siklus I 22% dan pada siklus II sebesar 83%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 12.90% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 93.54%. Keterlaksanaan model PBL skor rata-rata keseluruhan pada siklus I sebesar 2,45 dan pada siklus II sebesar 3,73. Respon positif siswa terhadap model PBL rata-rata positif dan 100% siswa merasa dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif.

Kata Kunci

Kemampuan berpikir kreatif, model problem based learning.

Referensi

Astayadi, Dede. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Permasalahan (Problem Based Instruction oleh PBI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Laboratorium UM. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Falestin, Yuditya. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta. FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Isti, D, N, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal. Universitas Negeri Surabaya.

Kemendikbud. 2014. Paparan wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan Konsep dan Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia.

Levinger, Beryl. 1996. Critical Transitions: Human Capacity Development Across the Lifespan Education Development Center. Newton. USA.

Mulyasa, H, E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Novak, J.D., Gowin, D.B (1985). Learning How to Learn. Cambridge University Press, London.

Nur, Muhammad. 2011. Model Pembelejaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Putra, dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelejaran Berbasis Masalah. Jurnal. Universitas Negeri Padang

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama mandiri.

Siswono, E.Y.T dan Novitasari, Whidia. 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe “What’s Another Way” (Jurnal). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sudarman, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpiki Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Jakarta.

Sumarmi, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal. Universitas Negeri Malang.

Suryani, Siti. 2009. Pencapaian Hasil Belajar Kognitif, Life Skills dan Motivasi Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Biologi Dengan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) di SMP Sumberejo Bojonegoro. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya. FKIP. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Undang-udang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. (Online) (www.hukumonline.com Diakses Tanggal 10 Januari 2016).

Yohanes, S.R. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Untuk Mengaktifkan Otak Kanan (disertasi tidak di publikasikan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.