Pengaruh Pemberian Kombinasi Ampas Kelapa Dan Bekatul Terhadap Pertumbuhan Sawi Pakcoy (Brassica Rapa) Dan Upaya Edukasinya Pada Masyarakat

Authors

  • Firda Savitri Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i2.13602

Keywords:

Ampas kelapa, Bekatul, Pertumbuha Sawi pokcoy, Edukasi pada masyarakat

Abstract

Ampas kelapa dan bekatul salah satu limbah yang pemanfaatannya belum maksimal. Ampas kelapa dan bekatul mengandung unsur hara yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam yang baik bagi pertumbuhan tanaman, kandungan yang terdapat pada bekatul yaitu sebagai sumber kalium yang baik bagi pertumbuhan tanaman serta mudah mengikat air dan tidak mudah lapuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ampas kelapa dan bekatul terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa), ), Jenis penelitian ini yaitu eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu P0 (tanpa menggunakan pupuk), P1 (menggunakan pupuk urea), P2 (ampas kelapa dan bekatul dengan dosis 100gr:100gr), P3 (ampas kelapa dan bekatul dengan dosis 150gr:150gr). Parameter pada penelitian ini yakni tinggi tanaman dan jumlah helai daun. Hasil penelitian yang dianalisis dengan Anova menunjukkan nilai signifikasi (ðœŒ) < 0,05yakni sebesar 0,01 dan Kruskal Wallis menunjukkan nilai signifikasi (ðœŒ) < 0,05 yakni sebesar 0,00, artinya H1 diterima. Nilai rata rata tinggi tanaman paling baik pada perlakuan P3 yaitu 16,03. Rata rata jumlah daun paling baik pada perlakuan P2 yaitu 9,5. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pemberian kombinasi ampas kelapa dan bekatul terhadap pertumbuhan sawi pakcoy.

References

Anjeliza YR.2013.Pertumbuhan dan reproduksi tanaman sawi hijau (Brassica juncea L) pada berbagai desain hidroponik. Fakultas pertanian Unhas.

Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura. 2017. Luas Panen, Produksi Sayuran, Produktivitas dan Kebutuhan Sayuran di Indonesia, 2012-2016.

Cut Nur Ichsan,. 2011. Karakteristik Pertumbuhan dan Hasil Jamur Merang (Volvariella volvaceae L) pada Media Tanam dan Konsentrasi Pupuk Biogreen yang Berbeda. Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Faria, S.A. dos S.C., Zaczuk Bassinello, P., de Vuono Camargo Penteado, M., (2012). Nutritional composition of rice bran submitted to different stabilization procedures. Braz. J. Pharm. Sci. 48

Hakim, Verina Permatasari dan Fitriyono, Ayustaningwarno. 2013. Analisis Aktivitas Antioksidan, Kandungan Zat Gizi Makro dan 67 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Mikro Snack bar Beras Warna Sebagai Makanan Selingan Penderita Nefropati Diabetik. Journal of Nutrition College 2(4): 431-438

Harsojuwono, B., A, Arnata, I., W., & Puspawati, G., A., K., D.2011. Rancangan Percobaan, Teori, Aplikasi SPSS, dan Excel Malang: Lintas Kata Publishing.

Kam Nio Oey. 1992. Daftar Analisis Bahan Makanan. Jakarta. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.hal 28.

Kurnia. 2017. Pengaruh Pemberian Ampas Teh dan Ampas Kelapa pada Media Tanah terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) sebagai Sumber Belajar Biologi. Universitas Mataram.

Nurhasanah, O., dkk. 2015. Pemberian Kombinasi Pupuk Hijau Azolla pinnata Dengan Pupuk Guano Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brassica chinensis L.). Universitas Riau.

Perwtasari, B. 2012. Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakchoi (Brassica Juncea L.) Dengan Sistem Hidroponik. J.Agrovigor.

Puri, E. 2011. Pengaruh Penambahan Ampas Kelapa Hasil Fermentasi Aspergillus oryzae dalam Pakan Komersil Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oriochromius niloticus). Skripsi. Surakarta Jurusan Biologi. FMIPA Universitas Sebelas Maret.

Putri, A. D., Sudiarso, T. Islami. 2013. Pengaruh Komposisi Media Tanam Pada Teknik Bud Chip Tiga Varietas Tebu (Saccharum officinarum L.) Politeknik Negeri Lampung. Lampung.

Rodiah, I. S. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1.No.1. Tulungagung: Universitas Tulungagung

Supriyanto dan Fidryaningsih. 2010. Pemanfaatan Arang Sekam untuk Memperbaiki Pertumbuhan Semai Jabon (Anthocephalus cadamba (Roxb.) Miq) pada Media Subsoil. Jurnal SILVIKULTUR TROPIKA Vol. 01 No. 01.

Wahyudi. 2010. Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran. Jakarta. Agromedia Pustaka.

Downloads

Published

2021-10-26

Issue

Section

Artikel