Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan di RT. 09 kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Mitra sasaran kegiatan pengabdian ialah perwakilan nelayan tradisional yang berada di RT. 09 Kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Mitra kegiatan berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari nelayan pembuat terasi dan ibu-ibu yang menjual terasi udang rebon. Kegiatan ini difokuskan pada peningkatan produksi dan manajemen pemasaran terasi udang rebon. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi terasi udang rebon serta memperluas target pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari; pelatihan penggunaan serta pengadaan mesin penggilingan bahan baku terasi udang rebon untuk meningkatkan produksi dan pelatihan pemasaran produk secara online melalui media penjualan online untuk memperluas target pemasaran produk. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas produksi bahan baku terasi dari 30 kg/hari secara manual menjadi 60 kg/hari menggunakan mesin penggilingan. Hasil lainnya adalah bertambahnya target pemasaran yang sebelumnya dipasarkan langsung di pinggir jalan, saat ini sudah dipasarkan secara online di e-commerce.

Kata Kunci

Mekanisasi pemasaran online terasi udang rebon

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Irkhos Irkhos, Jurusan Fisika Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Fisika FMIPA Universitas Bengkulu, Penata

Isma Coryanata, Jurusan Akuntansi FE Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Akuntansi FE Universitas Bengkulu

Jarmuji Jarmuji, Jurusan Peternakan FP Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Peternakan FP Universitas Bengkulu

Nanang Sugianto, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Fisika FMIPA Universitas Bengkulu

Referensi

  1. Alfin, N.F.M, 2016., Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha)., Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 2 No. 2.
  2. Asriani, Putri Suci, 2007., Kajian Sistem Agribisnis Perikanan Tangkap Di Provinsi Bengkulu. Tugas Kuliah Ts Manajemen Agribisnis Program S3 Ekonomi Pertanian Fp Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
  3. Bank Indonesia, 2013., Pola Pembiayaan Umkm Usaha Pengolahan Ikan Kering Kota Bengkulu., Laporan Penelitian, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Provinsi Bengkulu
  4. Badan Pusat Statistik, 2017., Kota Bengkulu Dalam Angka. BPS Kota Bengkulu, Kota Bengkulu
  5. Cahyadinata I, Dkk, 2018., Potensi Pengembangan Perikanan Tangkap Pada Pulau Kecil Terluar (Studi Kasus Pulau Enggano Provinsi Bengkulu), Jurnal Agrisep, Vol. 17 No. 2.
  6. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, 2016., Potensi Usaha dan Peluang Investasi Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, DKP Provinsi Bengkulu, Provinsi Bengkulu
  7. Ketut Sukiyono Dan M. Mustopa Romdhon, 2016., Efisiensi Alokatif Faktor Produksi Pada Usaha Perikanan Tangkap Di Kota Bengkulu: Kasus Pada Alat Tangkap Gillnet, Jurnal Saintek Perikanan Vol.11 No.2
  8. Lismawati, dkk, 2012., Diversifikasi Pengolahan Udang Rebon Menjadi Produk yang akan Meningkatkan Pendapatan Keluarga Nelayan di Desa Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Bengkulu
  9. Velentina, R.A. 2018., Kebijakan Pembiayaan Bagi Nelayan Tradisional, Jurnal Masalah-Masalah Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang.
  10. Zulfikar F, 2019., Efektivitas Penjualan Online Melalui Media Sosial Pada Perusahaan Cv Billionaire Sinergi Korpora (Billionaire Store), Prosiding Frima.