Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan ekonomi produktif di Karawang saat ini semakin menggeliat, ditandai dengan semakin tingginya dukungan pemerintah daerah dalam mempromosikan produk unggulan Kabupaten Karawang dengan meyelenggarakan Gebyar Koperasi UMKM Kabupaten Karawang. Geliat sektor UMKM sejauh ini berkembang sampai tempat belajar agama yang peserta didiknya belajar disela-sela menjalankan usaha. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kaum ibu yang menjadi peserta didik pada majlis ta’lim asy-syifa dan memiliki ketrampilan namun sulit untuk mengembangkan usaha karena sulit memilki lokasi yang strategis.

Kata Kunci

Ekonomi kerakyatan Pengembangan usaha Jajanan tradisional.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Abdul Yusuf, Universitas Singaperbangsa Karawang

Saya berasal dari Program Studi S1 Manajemen. Konsentrasi saya adalah Marketing, Marketing Management, Tourism Marketing, Fintech Marketing, dan Entrepreneurial Marketing.

Referensi

  1. Allen, E. I., & Longwitz, N. S. 2003. Women in Family Owned Business. Babson Park, MA: Babson College Press.
  2. Anderson, J., Markides, C. C., & Kupp, M. 2010. The Last Frontier: Market Creation in Conflict Zones, Deep Rural Areas, and Urban Slums. California Management Review, 52(4), 6-28.
  3. Aramand, M. 2011. Women Entrepreneurship in Mongolia: The Role of Culture on Entrepreneurial Motivation. Equality, Diversity, and Inclusion: An International Journal, 32(1), 68-82.
  4. Datta, P., & Gailey, R. 2012. Empowering Women Through Social Entrepreneurship: Case Study of a Women’s Cooperative in India. Entrepreneurship Theory and Practice, 30(5), 595-621.
  5. Hechavarria, D., Bullough, A., Brush, C., & Edelman, L. 2019. High-Growth Women’s Entrepreneurship: Fueling Social and Economic Development. Journal of Small Business Management, 57(1), 5-13.
  6. Mauricio, E. 2017. Factors Affecting the Success of Women’s Entrepreneurship: A Review of Literature. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 9(1), 1-46.
  7. Mulyadi. 2011. Kewirausahaan: Bertindak Kreatif dan Inovatif. Palembang: Rafah Press.
  8. Rajagopal. 2019. Transgenerational Marketing: Evolution, Expansion, and Experience. Cham: Palgrave Macmillan.
  9. Weinman, J. 2015. Digital Disciplines: Attaining Market Leadership via the Cloud, Big Data, Social, Mobile, and the Internet of Things. NJ:Wiley.
  10. Welter, F. 2011. Contextualizing Entrepreneurship-Conceptual Challenges and Ways Forward. Entrepreneurship Theory and Practice, 35(1), 165-184.