Program Pembinaan Intensif Guru Pembina dan Siswa Ekstrakurikuler KIR di SMP/MTs Kabupaten Malang Berbasis Hasil Penelitian

M Muchson, Aman Santoso, Irma Kartika Kusumaningrum, Deni Ainur Rokhim

Sari

Kegiatan pendampingan masyarakat dalam pengembangan perencanaan Masjid Al-Barkah di Cipedak, Ciganjur, Jakarta Selatan ini merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Program Studi Arsitektur FT UMJ dalam upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan masyarakat baik dalam menentukan keputusan dalam hal ini sebagai pemegang keputusan, maupun kemampuan dalam menerjemahkan sebuah kebutuhan ke dalam skematis desain. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi masyarakat khususnya para pengurus masjid dan pemangku keputusan di dalam masyarakat dalam memberikan solusi desain pada perencanaan pengembangan bangunan masjid yang semula hanya satu lantai menjadi dua lantai. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dalam tiga tahapan kegiatan, tahap pertama meliputi observasi lapangan, kegiatan kedua berupa diskusi kelompok antar warga dan pengurus masjid dalam menentukan kebutuhan dan memberikan keputusan-keputusan terkait desain pengembangan dan tahap terakhir adalah eksekusi dari desain pengembangan perencanaan Masjid Al-Barkah yang dibantu oleh para mahasiswa Program Studi Arsitektur FT UMJ. Hasil akhir dari kegiatan pendampingan masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat dalam menentukan keputusan terkait dengan desain sesuai kebutuhan pengguna dalam hal ini tentunya masyarakat sekitar Masjid Al-Barkah.

Kata Kunci

Ekstrakulikuler KIR, Hasil Riset, Pembina Guru KIR, Topik KIR SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design, Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs

Druva, C. A. and Anderson, L. D. 1983. Science Teacher Characteristics by Teacher Behavior and by Sudent Outcomes. A meta-analisis of Research. Journal of Research Science Teaching. Vol. 20.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Gusdiantini, L., Aeni, A.N., & Jayadinata, A.K. 2017. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V pada Materi Gaya Gesek melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah 2(1), 651-660

Hidayati, U. 2011. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa MAN Brebes 1. (online), (https://lib.unnes.ac.id/11268/1/9048.pdf ) diakses 6 April 2019

Mikkelsen B. 2012. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan: Panduan Bagi Praktisi Lapangan . Yayasan Obor Indonesia

Septiriani, P & Hasanah, M. 2018. Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompoj Ilmiah Remaja (KIR) dengan Kemampuan Literasi Informasi. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 34-40.

Susilowarno, R. G. (2003). Kelompok Ilmiah Remaja (Petunjuk Membimbing dan Meneliti Bagi Remaja). Jakarta: Grasindo

Yulinda, R., Ilma, S., & Suciyati, A. 2017. Pendampingan Penyusanan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru IPA SMP di Kota Tarakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo 1(1), 1-52

Zulkifli. 2010. Pengertian Pendampingan (online). http://bintan-sweb.id. (diakses tanggal 4 November 2019).


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i2.4623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.