Isi Artikel Utama

Abstrak

Data BPS di tahun 2019 menunjukkan ada sekitar 20% (atau 54,9 juta jiwa) penduduk Indonesia yang tergolong dalam kategori kelompok rentan miskin, dan lebih dari separuh penduduk tergolong dalam kategori menjelang kelas menengah (aspiring middle class). Kedua kelompok ini rentan untuk kembali jatuh miskin apabila mengalami guncangan, seperti kehilangan pekerjaan, sakit berkepanjangan, gejolak harga pangan, ataupun bencana seperti yang dialami selama krisis COVID-19. Sebagai upaya mitigasi dalam melakukan proses membangitkan ekonomi dikalangan muda, khususnya bagi Angkatan muda Muhammadiyah di kecamatan Gubeng yang merupakan masyarakat terdampak pandemi sehingga perlu adanya trobosan dalam upaya pendampingan dalam melakukan upaya mitigasi dampak pandemic khususnya pada sector ekonomi (UMKM). Pendampingan yang dialakukan adalah dalam bentuk memberikan wawasan tentang online selling dan meberikan praktik tentang aplikasi masketplace. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Hasilnya adalah bahwa dalam upaya pendampingan online selling Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gubeng menunjukkan peran antusias untuk melakukan proses migrasi system penjualan dengan pendekatan konvensional menuju pendekatan digital yakni dengan melakukan online selling pada platform digital.

Increased Sales Through Online Selling Assistance on Digital Platforms 

ABSTRAK

BPS data in 2019 shows that there are around 20% (or 54.9 million people) of Indonesia's population belonging to the category of the poor vulnerable group, and more than half of the population belongs to the aspiring middle class category. These two groups are vulnerable to falling into poverty again if they experience shocks, such as job loss, prolonged illness, food price fluctuations, or disasters such as those experienced during the COVID-19 crisis. As a mitigation effort in carrying out the process of awakening the economy among young people, especially for Muhammadiyah youth in the Gubeng sub-district which is a community affected by the pandemic so there needs to be a breakthrough in assistance efforts in mitigating the impact of the pandemic, especially in the economic sector (MSMEs). The assistance he provides is in the form of providing insight into online selling and providing practices about masketplace applications. This service uses a Participatory Action Research (PAR) approach, which is a service that actively involves all relevant parties (stakeholders) in reviewing ongoing actions (where their own experience is a problem) in order to make changes and improvements to a better direction. good. The result is that in an effort to assist the online selling of the Muhammadiyah Youth (AMM) Muhammadiyah Branch Manager Gubeng shows an enthusiastic role in migrating the sales system with a conventional approach to a digital approach, namely by doing online selling on a digital platform.

Keywords: economy; digital; on line; selling

Kata Kunci

ekonomi digital on line penjualan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Fatkur Huda, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Perbankan Syariah FAI UMsurabaya

Referensi

  1. Abdul Halim Barkatullah & Teguh Prasetyo. (2005). Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan Hukum di Indonesia. Pustaka Pelajar.
  2. Ade Cahyat. (2004, November 2). Bagaimana Kemiskinan Diukur? Beberapa Model Kemiskinan di Indonesia. Center for International Foresty Research.
  3. Anon. (1999). Electronic commerce (EC). In NTT Review (Vol. 11, Issue 5).
  4. BPS-Statistics Indonesia. (2019). Penghitungan dan Analisis Kemiskinan Makro Indonesia Tahun 2019. Penghitungan Dan Analisis Kemiskinan Makro Indonesia Tahun 2019, 300. https://www.bps.go.id/publication/2019/12/20/60138aa2d7b9b78802991240/penghitungan-dan-analisis-kemiskinan-makro-di-indonesia-tahun-2019.html
  5. Fadhilah Ramadhani. (2013). UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE. New Orleans Review, 2(2), 135–139. https://doi.org/10.4135/9781412964623.n403
  6. Friawan, D. (2021a). Krisis COVID-19 dan Digitalisasi Pemberdayaan Ekonomi Penduduk Rentan Miskin dan Aspiring Middle Class. 1–10.
  7. Friawan, D. (2021b). Pandemi COVID-19 dan Ancaman Inflasi di Indonesia ? September.
  8. Guna, M., Daya, M., Dalam, S., & Asean, M. E. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 135–139. https://doi.org/10.15294/edaj.v2i2.1401
  9. Huda, F., Setiyowati, A., Surabaya, U. M., Banking, I., & Surabaya, M. (2018). Balance Vol. XV No. 2 | Juli 2018 MODEL DESA MANDIRI BERBASIS EKONOMI SYARIAH DI JAWA TIMUR - INDONESIA. XV(2).
  10. Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy. An Integrated Approach to Online Marketing.
  11. Kotler, Hermawan Kartajaya, I. S. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital | Philip Kotler,. In Book (p. 206). https://b-ok.asia/book/5594406/b5bd48
  12. Laudon. (1998). Analisis Sistem. Salemba Empat.
  13. M. B. Miles and A. M. Huberman. (1985). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications.
  14. Mardi Yatmo Hutomo. (2000). No Title. Pemberdayaan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi; Tinjauan Teoritik Dan Imlementasi, 20.
  15. Mohammed, R.A., Fisher, R.J., Jaworski, B.J., Paddison, G. . (2003). Internet Marketing: Building Advantage in A Networked Economy. McGraw Hill,Inc.
  16. Nugrahani, D. . (2011). E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–16.
  17. Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf