Mekanisme Pengenaan PPN Atas Digital Ads Services Pada Politeknik Bosowa
DOI:
https://doi.org/10.30651/stb.v3i2.20848Keywords:
Digital Ads Services, Pengenaan PPN, PPN, Politeknik Bosowa, BosowaAbstract
Pajak dalam era digital saat ini mengacu pada kewajiban pajak yang dikenakan pada perusahaan yang menggunakan teknologi internet. Ini mencakup berbagai entitas, mulai dari penyedia konten digital, platform media sosial, hingga aktivitas perdagangan barang atau jasa melalui platform elektronik yang dikenal sebagai e-commerce., termasuk penggunaan digital ads services pada platform facebook ads dan instagram ads. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana mekanisme pengenaan PPN digital ads services studi kasus Yayasan Aksa Mahmud unit bisnis Politeknik Bosowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diaplikasikan dalam riset ini terdiri dari data primer dan data sekunder, dan metode yang digunakan untuk menghimpun informasi adalah melalui pelaksanaan wawancara serta penyelidikan pustaka. Teknik analisis data menggunakan penggumpulan data, proses analisis, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu mekanisme pengenaan PPN digital ads services studi kasus Yayasan Aksa Mahmud unit bisnis Politeknik Bosowa meliputi set up iklan kemudian iklan di terbikan, setelah masa iklan berakhir maka akan terbit faktur serta pemotongan deposit iklan di meta ads yang sudah termasuk PPN. Penggunaan digital ads services di meta ads sangat efektif untuk meningkatkan brand awarness dan menjangkau lebih banyak viewers serta iklan dapat di set up sesuai dengan sasaran yang di inginkan contohnya sasaran umur lebih spesifik.
References
Abdullah, A. R., Khoiriqadafi, M., & Rafli, M. (2023). Pelanggaran etika periklanan dalam arti elemen visual. Journal of Educational and Cultural Studies, 1-7.
Ahlu naja, M. F., & Rahayu, N. A. (2022). Optimalkan Penjualan CV. DLTA Indonesia Selama Pandemi Melalui Iklan Facebook. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 8-14.
Amanah, D., Agustini, F., & Harahap, A. D. (2022). Efektifitas Iklan Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-11.
Amira, N., & Nurhayati, I. K. (2022). Efektifivitas Fitur Instagram Sponsored sebagai Media Iklan/ Promosi. Jurnal Of Media and Communication Science, 116-126.
Analisis Kontribusi Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. (2022). Jurnal Pabean, 1- 11.
Andana, N. I., Ka, V. S., & Burhan, I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pajak Bumi dan Bangunan. Accounting, Management and Economic Research, 1-9.
Ardiansah, W. (2022). Pengaruh periklanan dan promosi menggunakan facebook ads instagram ads. 1-17.
Aulia, S. H. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Iklan Facebook terhadap Penigkatan Omset. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1-12.
Azzahra, H. F. (2022, April Senin). Social Media Marketing : Organik atau Anorganik? Simak Perbedaannya. Retrieved from Arkatama.id: https://arkatama.id/social-media- marketing-organik-atau-anorganik-simak-perbedaannya/
Azzahra, T., & Munandar, J. M. (2023). Perbandingan Hasil Iklan Meta PT Kuliah Saham Indonesia Berdasarkan Tipe Konten dan Waktu Terbitan. Jurnal Aplikasi Manajemen dan bisnis, 1-12.
Bannelimbong, K. N., Sari, S. N., & Ka, V. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Pabean, 1-17.
Febrianti, Y. K., Mutaqqin, Z., & Cahyadini, A. (2021). tentang Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak dari Kegiatan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 69-84.
Fithriyah, N., Burhan, I., & Ka, V. S. (2022). Analisis Kontribusi Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. Jurnal Pabean, 1-11.
Fitriandi, P. (2020). Pemajakan atas Transasksi Melalui Online Marketplace. Jurnal Pajak Indonesia, 14-20.
Hidayat , R., Akrim, D., ka, V. S., & Gisda, A. (2022). Analisis Penerimaan Retribusi Pemakaman Pada Dinas Lingkungan HidupKota Makassar. Accounting,Management and Economic Research, 101-108.
Irianti, U., Burhan, I., & Ka, V. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Pabean, 1-16.
Kusumawati, M. P., Hamrany, A. K., & Rahman, A. N. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak Penyedia Platform Marketplace E-Commerce sebagai Pemungut Pajak Pertambahan Nilai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.
Lestari, S. I. (2022). Analisis Ads Manager Error dalam Aplikasi Facebook Ads terhadap Saldo Deposit Pengguna Facebook Prespektif Hukum Perlindungan Konsumen dan Hukum Ekonomi Syariah. 1-86.
Luviana, A. A., Sembiring, E., & Prami, D. (2022). PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL
INSTAGRAM. Journal Of Appilied Management Studies, 1-11.
Marini, S., Superwiratni, & Kartina, I. (2023). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Studi Mahasiswa. Jurnal Administrasi Bisnis, 1-11.
Melatnebar, B., Kurniawan, K., Jenni, & Suhendri. (2021). Pelatihan penggunaan Marketplace Online Kepada Pemuda Pemudi dikelurahan Kota Bumi Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan Dimasa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1-8.
Mogi, M. C. (2021). Pontensi dan Hambatan dalam Pengenaan Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai terhadap usaha berbasis Online. Jurnal Pendidikan Sosial dan Keagamaan, 604-615.
Musdalifa, Ka, V. S., & Akrim, D. (2023). Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) Pada BPKPAD Kabupaten Kepulauan Selayar. Accounting Managment and research, 90-96.
Mutmainnah, Burhan, I., & Ka, V. S. (2023). TINJAUAN PENERAPAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 4 AYAT 2. Jurnal Analisa dan Perpajakan, 18-37. Nugroho, R. H., & Kusumasari, I. R. (2023). Pemanfaatan Instagram Ads Pada Platform Media Sosial Instagram Sebagai Peningkatan Traffic Bisnis. Jurnal upn jatim, 19-27.
Pahrijal, R., Maharani, A., & Fitroh, M. N. (2022). Peran dan Evfektivitas Iklan di Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk- Sebuah Tinjauan Literatur. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis, 1-11.
Pajak, O. (2019, September Kamis). Pajak di Era Digital, Serba-serbi & Tantangan Penerapannya. Retrieved from https://www.online-pajak.com/tentang-pph- final/pajak-di-era-digital
Perancangan iklan untuk tempat wisata bermain. (2022). Jurnal sains dan seni, 1-7.
Pudjisaputro, E. (2020). Tinjauan atas Peraturan Perpajakan Terkait Perdagangan Elektronik dan Masa Pelaksanaannya pada Kasus Marketplace. Simposium Nasional Keuangan Negara, 773-1115.
Putra, R., Sulaeman, L. R., Nurali, Pandang, E., & Tarmuji. (2023). STRATEGI MEMBUAT IKLAN YANG EFEKTIF UNTUK MENDATANGKAN PELANGGAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-10.
Qiscus. (2021, Oktober Kamis). Digital Advertising : Pengertian, Macam, dan Strateginya. Retrieved from Qiscus.com: https://www.qiscus.com/id/blog/digital-advertising- pengertian-macam-dan-strateginya/
Rahma, A. A., Sari, S. N., & Ka, V. S. (2020). Pengaruh Pemahaman Perpajakan Tentang Tarif Dan Sanksi. Jurnal Pabean, 1-17.
Rahman, L. K. (2022). Tinjauan Pemasaran Facebook Ads di PT. Bintang Niaga Jaya. Jurnal Adminstrasi Bisnis, 227-236.
Revinzky, M. A., Ramdan, A. M., & Fikri, M. (2022). Penguatan Pemasaran Usaha Rumahan Melalui Facebook Ads dan Instagram Ads. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1-7.
Ridho, M. N. (2020). Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Transaksi E-Commerce. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 520-527.
Santi, S. R. (2023). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 1-16.
Silalahi, P. R., Haikal, S. A., & Insana, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Facebook Advertising sebagai Media Peningkatan Penjualan Pada Minuman Haus Durian. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 375-384.
Soraya, M., Ka, V. S., & Sari, S. N. (2022). Pengaruh Pemahaman Perpajakan Tentang Tarif Dan Sanksi. Jurnal Pabean, 1-12.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantatif dan R&D.Taryono. (2023).
Konsep Digital Marketing Berbasis Facebook Ads dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 90-101.
Wijayanti, U. K., Ilham, & Ka, V. S. (2020). MEKANISME PENERAPAN PAJAK PARKIR PADA PT BARRU. Jurnal Pabean, 1-12
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SUSTAINABLE JURNAL AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright
Copyright for articles published in Sustainable: Accounting Journal.
Authors must submit copyright to the journal by signing and sending the copyright assignment form (template) via email sustainable@um-surabaya.ac.id
Authors can disseminate their articles through any media.
Licence
Every work written by the author is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.