METODE ROLE PLAYING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SARANA BAGI SISWA DALAM MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA DAN KARAKTER PADA KURIKULUM MERDEKA SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menyajikan data empiris hasil-hasil penelitian terdahulu agar guru memiliki rujukan sebagai dasar untuk mengeksplorasi lebih lanjut Metode Role Playing berorientasi kearifan lokal sebagai sarana bagi peserta didik dalam memahami nilai-nilai Pancasila dan karakter pada Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain Sistematic Literature Review (SLR). Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh seratus dua item dengan delapan belas cluster. Hasil visualisasi VOSviewer dengan menjadikan Metode Role Playing sebagai fokus utama juga menunjukkan tidak ada keterkaitan dengan kata kunci kearifan lokal, yang berarti menunjukkan adanya keterbatasan koneksi atau integrasi. Padahal dalam konteks nilai-nilai Pancasila dan karakter, peran guru sebagai fasilitator memungkinkan peserta didik untuk belajar melalui simulasi situasi nyata, sehingga pemahaman nilai-nilai tersebut dapat terinternalisasi dengan lebih baik. Namun demikian, kondisi ideal tersebut tidak menunjukkan keterkaitan. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Role Playing masih terisolasi dan kurang diorientasikan dengan aspek kearifan lokal dalam konteks pemahaman nilai-nilai Pancasila dan karakter. Minimnya keterkaitan tersebut menunjukkan adanya peluang penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi hubungan antara penerapan Metode Role Playing, kearifan lokal, serta nilai-nilai Pancasila dan karakter.
Artikel teks lengkap
Referensi
Bancin, M. G., Corry, C., & Haloho, B. (2023). Pemahaman nilai-nilai kepahlawanan soekarno dalam pembentukan karakter peserta didik melalui model pembelajaran role playing. Journal on Education, 5(4), 13498-13514. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2357
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Hamid, S. I., Dewi, D. A., Nugraha, A. R., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731-5738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1602
Huda, A. A. S. B., Syahidin, S., & Nurhuda, A. (2023). Role-playing learning method in shaping commendable morals of students in islamic education subjects. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences, 2(4), 87-94. https://doi.org/10.47679/202338
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). pendampingan guru sekolah dasar dalam pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokaL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533-543. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan kelas melalui penerapan metode role playing dalam meningkatkan partisipasi siswa di kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121-136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603
Martayadi, U., & Marzuki, M. (2019). Keefektifan metode role playing untuk penanaman nilai-nilai pancasila pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 13-21. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.6897
Musqiroh, L. (2023). Pengaruh komik pancasila berbantuan metode role playing terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila di sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(5), 930-936. https://doi.org/10.22460/collase.v6i5.18405
Nabilah, A. A., & Tirtoni, F. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 199-210. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9391
Nafiah, T. (2024). Menumbuhkembangkan keterampilan 4c melalui problem based learning (PBL) terintegrasi role playing dan game quizziz. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 106-114. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2735
Page, M. J., & Moher, D. (2017). Evaluations of the uptake and impact of the preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses (PRISMA) statement and extensions: A scoping review. Systematic reviews, 6(1), 263. https://doi.org/10.1186/s13643-017-0663-8
Rahayu, A. (2024). Penanaman Nilai Karakter Dengan Metode Bermain Peran Cerita Legenda Malin Kundang Untuk Anak Sekolah Dasar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(6), 2745-2752. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i6.1162
Rombe, D. M. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran role play dan pendekatan kontekstual ctl pada siswa kelas I di UPTD SD Negeri 73 Parepare. Global Journal Basic Education, 1(2), 85-93. https://doi.org/10.35458/gjp.v1i2.88
Sarifah, A. A. Penggunaan metode role playing pada pembelajaran pendidikan pancasila. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1439-1443). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84780
Sumarni, M. L., Jewarut, S., & Lumbantobing, W. L. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 132-138. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8210
Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Zulela, M. S. (2023). Implementasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar: Tantangan dan peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48-52. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.639
Auliani, R., & Elan, E. (2021). Pengaruh Metode Role Playing Menggunakan Cerita Keteladanan Pahlawan Bangsa terhadap Penanaman Nilai-Nilai Toleransi dalam Keberagaman Umat Beragama di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 456-468.
Carmelia, U. A. S., Pertiwi, A. P., Arsyah, R. N., Audina, M., Chaerunnisa, H., & Marini, A. (2023). Penerapan metode pbl dengan bantuan role playing untuk meningkatkan motivasi belajar IPS di SD. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(5), 1149-1160.
Rother, E. T. (2007). Systematic Literature Review X Narrative Review. Técnica Da Acta Paulista de Enfermagem, 20(2).
Inayati, U. (2022, August). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).
Rohmadi, S. H. R. H. (2022). Mapping dan Orientasi Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal di Pendidikan Dasar. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 291-302.
Suriyati, C., & Lubis, M. D. A. (2023). Penanaman Nilai-nilai pancasila melalui kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710-7716.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Rosmalinda Eka Arianti, Ari Metalin Ika Puspita, Raden Roro Nanik Setyowati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.