PENGEMBANGAN SOAL TES BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Rini Ariani (1), Mhmd Habibi (2)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:49:"Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau";}, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bermaksud mengembangkan instrument kisi-kisi soal berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas I SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur instrument soal berpikir kritis yang valid, reliable dan tingkat kesukarannya. Indikator berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini yaitu interpretasi, menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D. Dalam penelitian ini melibatkan 15 responden siswa kelas I SDN 032 kualu, adapun bentuk instrument kisi-kisi soal yang dikembangkan berupa soal essay yang berjumlah 15 butir soal. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan SPPS versi 25.00 for windows menunjukkan semua soal valid dengan taraf signifikan nilai r tabel untuk df (N-2) pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,5140, yaitu apabila pada r hitung > dari r tabel maka soal dikatan valid. Untuk reliabilitas soal memperoleh hasil cronbach alpha sebesar 0,882, apabila sig. lebih dari 0,60 maka dinyatakan reliable dan dapat digunakan. Untuk tingkat kesukaran soal Dari 15 soal terdapat 7 soal pada kategori mudah yaitu nomor soal 1, 2, 3, 4, 9, 11 dan 14. Untuk soal dengan kategori sedang berjumlah  6 butir soal yaitu nomor soal 5, 6, 7, 8, 10 dan 15. Selain itu terdapat 2 butir soal dengan kategori sukar (SR) yaitu nomor soal 12 dan 13. Maka dapat disimpulkan bahwa kisi-kisi soal yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afriansyah, E. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 239–250.

Agnezi, L. A. (2019). validitas reliabilitas, efektivitas, dan praktikalitas bahan ajar non cetak. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/y843x/

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1563

Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1565

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan educative game berbasis aplikasi android untuk memfasilitasi keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun. Jurnal Paud Agapedia. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/24544

Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, VII(I), 39–45.

Isra Syahputri, F. D. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 Sdn 029 Pekanbaru. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 671–686. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1081

Kurniasari, Y. R., & Setyaningsih, Y. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Mengadaptasi California Critical Thinking Skills Test pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lingua Didaktika, 14(2). https://doi.org/10.24036/ld.v14i2.109126xxxx

Lipiec, M. (1997). Developing and Measuring Students’ Critical Thinking Skills When Using a Multimedia Information System. Edith Cowan University.

Ma, Y. (2023). Exploration of flipped classroom approach to enhance critical thinking skills. Heliyon, 9(11), e20895. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e20895

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 136–145. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p136-145

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Nurhikmayati, I., & Gilar, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8.

Pangestika, C., & Ain, S. Q. (2022). Lembar Kerja Siswa Matematika pada Materi Bangun Ruang. MIMBAR PGSD Undiksha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/43830

Raudhah, S., Hartoyo, A., & Nersangaji, A. (2019). Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal spltv di sma negeri 3 pontianak. Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1–8.

Saragih, M., & Nasution, H. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots. Jurnal Prodikmas Hasil http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6145

Sari, L. N. (2022). Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia berdasarkan Al-quran dan Hadits. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 244–251. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13222

Setiawan, Y. E. (2020). Kaidah penulisan soal. 1–24.

Silaban, P. D. W. (2020). Pengembangan Lkpd Berbasis Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questiong, Exploring, Writing, Communicating) Pada Pokok …. Journal of Research and Education Chemistry. https://journal.uir.ac.id/index.php/jrec/article/view/5735

Sukowati, D., Prasetyo, D. Y. B., & Yuwono, T. A. (2021). Analisis Kualitas Sensori Ikan Asap Berbahan Bakar Briket Campuran (Arang Bonggol Jagung dan Daun Jati) dan Bahan Bakar Kayu. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 81. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712

Susanti, E., & Arista, A. (2019). Analisa Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Kompetensi 4C. … Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan …. https://mail.puterabatam.com/index.php/prosiding/article/view/1509

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd

Penulis

Rini Ariani
riniariani.az@gmail.com (Kontak utama)
Mhmd Habibi
Ariani, R., & Mhmd Habibi. (2024). PENGEMBANGAN SOAL TES BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR . ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24985

Rincian Artikel