PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD TENTANG PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA
Abstrak
Pengembangan multimedia berbasis Articulate Storyline 3 dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD dalam memahami konsep penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya. Pembelajaran kontekstual melalui multimedia interaktif ini dirancang untuk menarik minat siswa dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) untuk mengembangkan serta menguji keefektifan produk multimedia tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis CTL ini memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan skor N-Gain sebesar 95,41% untuk kelompok eksperimen yang berada dalam kategori sangat efektif. Diskusi menunjukkan bahwa pendekatan CTL mampu meningkatkan relevansi pembelajaran dan memotivasi siswa untuk aktif, sementara fitur interaktif Articulate Storyline 3 mendukung pemahaman konsep melalui visualisasi yang lebih konkret. Penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi CTL dan multimedia interaktif dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains di sekolah dasar. Implikasinya, penerapan teknologi dalam pendidikan berbasis kontekstual dapat mengatasi kendala pembelajaran tradisional dan meningkatkan daya serap siswa terhadap konsep-konsep ilmiah.
Kata Kunci: Articulate Storyline 3; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustina, H., Veronika Roesminingsih, M., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development, 9(2), 567–571.
Al Bahij, A., Rizki, A. V., & Santi, A. U. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Problem Based Learning Untuk Mahasiswa PGSD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 213. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11799
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Ayu Ketut Sinta, N., Gede Astawan, I., & Made Suarjana, I. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 211–219. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Fitri Sukmarini, Mauludiyah, L., Muhammad Ainur Roziqi, & Nurdianto, T. (2021). Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students’ Motivation / Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 106–121. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06
Husain, R., & Ibrahim, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(03), 1356–1374. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1357-1366.2021
Indasah, S., Sulistiana, D., & Sholihah, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 70. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3756
Mardiyah, A. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggologan Hewan Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Gubug. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 97. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393
Mufidah, E., Khori, N., Al-Fattah, S., Lamongan, S., & Al-Fattah, P. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 124–132. https://doi.org/10.37850/ibtida
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Nursalam, N., Muhajir, M., Wibowo, S. A., & Suardi, S. (2023). The Effectiveness of Articulate Storyline 3 Application-Based Interactive Learning Media in Social Studies Learning for Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3061
Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 5(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898
Rahayu, W. P., & Ulumiyah, A. (2021). Development of Mobile Learning Media Based on Articulate Storyline 3 to Support Independence Learning of Vocational High School Students in the New Normal Era. Proceedings of the Seventh Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2021). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211117.059
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415.
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2021). Designing learning object using articulate storyline 3 for supporting Indonesia online learning system (spada). Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012058
Ulfa Kurniyawati, S., Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, A., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai pada Pembelajaran PPKN Kelas 3 SD/ MI di Masa Pandemi COVID-19. ELSE (Elementary School Education Journal).
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Islamia Diana Damayanti, Sri Handono Budi Prastowo Sri Handono, A. A. Ketut Budiastra Ketut

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.