ANALISIS HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujun penelitian ini untuk mengetaui hasil belajar yang didapatkan siswa melalui penerapan media video pada pelajaran IPA di SD dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang dipilih untuk memastikan proses pengumpulan data yang terstruktur dan terorganisir. Data dikumpulkan melalui pencarian artikel-artikel ilmiah yang telah dipublikasikan, dengan fokus pada artikel yang terbit dalam tahun terakhir. (2024). Dalam penelitian ini, sebanyak 15 artikel telah dianalisis untuk mendapatkan informasi yang relevan. Tinjauan pustaka ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana media video dapat berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, dengan memperhatikan berbagai indikator yang terlibat.Berdasarkan analisis dari literatur yang ada, hasil belajar siswa ditentukan oleh beberapa aspek. Aspek kognitif mencakup pemahaman dan penerapan konsep, aspek afektif berkaitan dengan sikap dan motivasi siswa, sedangkan aspek psikomotor berfokus pada keterampilan praktis yang diperoleh siswa. Hasil dari penelitian ini memberikan rekomendasi yang signifikan, yaitu pentingnya integrasi media video dalam proses pembelajaran. Penggunaan media video dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap materi pelajaran IPA. Dengan demikian, implementasi media video dalam pembelajaran di sekolah dasar diharapkan dapat memaksimalkan hasil belajar siswa dan mendukung perkembangan akademis mereka secara keseluruhan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Adiyanti, D. S., & Muslimin, S. M. A. I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang: Sebuah Penelitian Tentang Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 1(1), Article 1. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/645
Afifah, N., Irmawanty, I., & Anisa, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5799
Ananda, N. A., Setyowati, R., & Sulistri, E. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 4 SDN 6 SINGKAWANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17412
Dewi, L., Churiyah, M., Winarno, A., Istanti, L., & Siswanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dan Self-Regulated Learning melalui Media Pembelajaran Interaktif Genially. 8, 177–192. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i2
Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770
Kurnia, K., Salim, A., & Utama, A. H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. J-INSTECH, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9850
Marlina, E. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUKASETIA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), Article 1.
Naila, I. (2020, December). The Effectiveness of Science Project Learning Based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students' Collaborative Skills. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 7, No. 3, pp. 348-361). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2020, May). Training Elementary Students’ Collaborative and Entrepreneurship Skills Using Science Student Worksheet Based on Project Learning. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 616-621). Atlantis Press.
Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I., Kusumajanti, W., & Anggraini, A. E. Ethnoscience and Web-based Learning Media to Maintain Cultural Awareness in Science Classroom: An Exploratory Sequential Study. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2), 199-212.
Nurhasanah, S., & Zunidar. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.1123
Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 450107. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Muttahid Haqqi, Arrahim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.