Profil PROFIL KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI BANYUWANGI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru alam implementasi kurikulum merdeka di gugus 3 Yosomulyo kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Keterampilan TIK ini menjadi penting untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka yang terintegrasi dengan platform merdeka mengajar. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang pengumpulan data menggunakan teknis angket,, wawancara dan observasi. Responden penelitian terdiri dari enam guru dari tiga sekolah di gugus 3 Yosomulyo Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki keterampilan yang baik dalam mengoperasikan computer, memanfaatkan aplikasi perangkat lunak, memanfaatkan internet, dan memanfaatkan laman website untuk mendukung proses pembelajaran. Keterampilan guru-guru dalam aspek tersebut dianggap memadai untuk menunjang implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan profesionalisme guru dalam pemanfaatan TIK di sekolah.
Kata kunci : Keterampilan teknologi informasi dan komunikasi; Guru Sekolah Dasar; Kurikulum Merdeka
Artikel teks lengkap
Referensi
Arofaturrohman, Y. A., Sumardi, S., & Muhibbin, A. (2023). Evaluasi Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10249-10257.
Azizah, N., & Rahmi, E. (2019). Persepsi mahasiswa tentang peranan mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNP. Jurnal Ecogen, 2(2), 197-205.
Basilotta-Gómez-Pablos, V., Matarranz, M., Casado-Aranda, L. A., & Otto, A. (2022). Teachers’ digital competencies in higher education: a systematic literature review. International journal of educational technology in higher education, 19(1), 8.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Handayani, N. L., Sulisworo, D., & Ishafit, I. (2021). Pemanfaatan google classroom pada pembelajaran ipa fisika jarak jauh untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 66-80.
Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Islami, A. R., Abdullah, A. G., Hakim, D. L., Widiaty, I., Latif, M. A., Juhana, A., ... & Putra, D. E. (2019, November). Level of ICT literacy: The ability of elementary school teachers to use ICT investigation in Cimahi. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1375, No. 1, p. 012096). IOP Publishing.
Kaminskienė, L., Järvelä, S., & Lehtinen, E. (2022). How does technology challenge teacher education?. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 64.
Kelana, J. J. B., Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019, December). Improving the Capability of Prospective Primary School Teachers in Making Science-Based Science Teaching Materials Based on ICT Media Assisted Literacy. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 1-4). Atlantis Press.
Makdis, N. (2020). Pemanfaatan Internet Untuk Perkuliahan. Pena Persada.
Nisa, A. N. S. (2016). Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP Se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1(1), 60-67.
Pittas, E., & Adeyemi, A. (2019). Technology integration in education: Effectiveness, pedagogical use and competence: A cross-sectional study on teachers’ and students’ perceptions in Muscat, Oman. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 7(1), 101-123.
Pribowo, F. S. P. (2017). Analisis Kemampuan Guru SD Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Septiani, I., & Sukana, T. (2019). Permasalahan Pendidikan Dasar Tentang Kualitas Guru Mengajar: Studi Kasus di Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 246-254.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu domano (domino matematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62-75.
Uluyol, Ç., & Şahin, S. (2016). Elementary school teachers' ICT use in the classroom and their motivators for using ICT. British Journal of Educational Technology, 47(1), 65-75.
Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi kebijakan kampus merdeka belajar terhadap manajemen kurikulum dan sistem penilaian pendidikan menengah serta pendidikan tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28-40.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 45-57.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 SOLIPYANI SOLIPYANI

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.