HUBUNGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI 37 PEKANBARU
Abstrak
Dalam konteks pendidikan sekolah dasar, minat siswa terhadap mata pelajaran IPA seringkali kurang optimal karena persepsi kesulitan dan sifat materi yang abstrak. Metode pengajaran konvensional seperti ceramah dan buku teks terbukti tidak efektif dalam merangsang keterlibatan siswa. Namun pesatnya perkembangan teknologi menawarkan solusi melalui integrasi multimedia dalam pendidikan. Multimedia yang terdiri dari berbagai bentuk seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video, menyediakan cara penyampaian informasi yang interaktif dan menarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Dengan memasukkan multimedia, guru dapat menyajikan konsep-konsep kompleks secara lebih konkrit dan mudah dipahami, sehingga memicu rasa ingin tahu dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, multimedia memungkinkan pembelajaran mandiri dengan kecepatan individu, sekaligus mendorong literasi teknologi yang penting di dunia modern. Meskipun terdapat manfaat yang jelas, tantangan seperti keterampilan guru dan adaptasi kurikulum menghambat potensi penuh dari integrasi multimedia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak multimedia terhadap minat siswa terhadap pendidikan sains, dengan fokus pada mengatasi tantangan yang ada untuk mendapatkan manfaat pendidikan yang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan multimedia dan minat siswa terhadap pendidikan sains di tingkat sekolah dasar.
Artikel teks lengkap
Referensi
Adnas, Diny Anggriani, and Muhammad Anjastri. 2022. “Perancangan Media Pembelajaran Rukun Islam Dalam Betuk Komik Digital.” Journal of Information System and Technology 03(01): 114–33.
Agus, Suryana, Noviansyah Indra, and Tamara Farah. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe Inside Circle(IOC) Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas V SD Muhammadiyah O3 Medan.” Journal of Basic Educational Studies 2(1): 85–97.
D. Annisa Fitry, A. Pratama, and O. I. Astuti, “Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Bahan Baku Pembuatan Briket Bio Arang di Desa Rawang Kao Barat Kecamatan Lubuk dalam Kabupaten Siak,” JJurnal Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 1349–1358, 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i5.7594.
Firdaus, Fandu Zakariya, Suryanti Suryanti, and Utiya Azizah. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3): 681–89.
Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and reliability in quantitative studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129.
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran berbantuan ispring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1).
Naila, I., Kusumajanti, W., Ridlwan, M., Sutadji, E., & Mashfufah, A. (2023). ONLINE-BASED SCIENCE PROJECT LEARNING AS AN ELECTIVE INSTRUCTING MODEL TO IMPROVE THE COLLABORATIVE SKILLS OF ELEMENTARY STUDENTS. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(1), 71-96.
Nandi. (2006). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geografi di Persekolahan. Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi. Vol. 6 No. 1, April. Hlm. 5
Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023).Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253.
Rambe, N., Fadli, M., Yazid, M., Interaktif, M., & Dasar, S. (2022). Kajian Literatur Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Siswa Di Sekolah Dasar. 4(04), 18–30.
Sihotang, Hotmaulina. 2023. Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta Metode Penelitian Kuantitatif. 2023rd ed. ed. M.Pd Dr. Erni Murniarti. Jl. Mayjen Sutoyo No.2 Cawang Jakarta 13630.
Subini, N. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Syahrizal, Hasan, and M. Syahran Jailani. 2023. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1(1): 13–23.
Usmadi, Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7(1): 50–62.
Wahyudi, Wahyudi et al. 2023. “Hubungan Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Journal on Education 6(1): 25–34.
Widana, Wayan, and Putu Lia Muliani. 2020. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang Buku Uji Persyaratan Analisis. Oktober 20. ed. Teddy Fiktorius. Jl. Bromo 302 RT 01 RW 03 Kebon Agung Sukodono-Lumajang-Jawa Timur: KLIK MEDIA.
Zahroh, Fakhrudiana, Agung Setyawan, and Tyasmiarni Citrawati. 2020. “Studi Permasalahan Dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan Fakhrudiana.” Prosiding Nasional Pendidikan 1(1): 474–79.
Wahyudi, Wahyudi et al. 2023. “Hubungan Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Journal on Education 6(1): 25–34.
Zebua, Afolo, and Petrus Posma Silaban. 2023. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen SMP Negeri 41 Medan.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6(2): 141–59.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Zullayli Nur, Siti Quratul Ain

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.