Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Abstrak
Pengaruh metode Outdoor Learning terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas III SD 023 Pandau Jaya. Rumusan masalah pada penelitian ini “Melihat terdapat pengaruh Outdoor Learning terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas III SD 023 Pandau Jaya” Sehingga menemukan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Outdoor Learning terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III yang berjumlah 33 siswa. One group Pretest dan posttest design digunakan untuk pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan uji t yang memperoleh hasil α = 0,05 > sig 0.000 dengan taraf signifikasi 5%. Sehingga hipotesis diterima, dengan kesimpulan ada pengaruh metode Outdoor Learning terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas III SD 023 Pandau Jaya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Achru P, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 205-215.
Agustina, R. (2019). Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iv Di Sd Negeri 1 Way Halim Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.
Ananda, Rusydi & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya
Aras, L., DH, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 101–111.
Cahyany, N. R., Hamdu, G., & Pd, E. M. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). 178-186Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Article/View/7422
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Berdasarkan Locus Of Control Di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164-174.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Erwin Widiasworo, Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif Dan Komunikatif. (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2017). 79-80
Evitasari, A. D. (2022). Media audio-visual berbantu aplikasi kinemaster pada kegiatan pembelajaran tatap muka (ptm) terbatas mata pelajaran ipa sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 137-145.
Hasbi, S. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Manhaji Medan.
Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.769
Ismawati, P. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Otdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains Dan Kreativitas Anak Kelompok B Di Tk Kecamatan Kenjeran Surabaya. SALING: Jurnal Program Studi PGRA,(1),64-78. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i4.1701
Khaliq, A., Barsihanor, B., & Arifa, T. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas I Di Sdit Robbani Banjarbaru. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 42.
Khatimah, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas XI IPA2 di MA Putri DDI Mangkoso (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Khusnah, L. (2020). Persepsi Gum IPA SMP/Mts Terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi Covid19. Science Education And Application Journal, 2(2).
Naila, I. (2020, December). The Effectiveness of Science Project Learning Based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students' Collaborative Skills. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 7, No. 3, pp. 348-361). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh artificial intelligence tools terhadap motivasi belajar siswa ditinjau dari teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Nurhasanah, S., & A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 128-135
Parnawi (2019). Psikologi Belajar. Sleman: Deepublish
Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12-20.
Rusmiati (2017). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Https://Journal.Unuha.Ac.Id/Index.Php/Utility/Article/View/60
Rusmiati (2017). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Https://Journal.Unuha.Ac.Id/Index.Php/Utility/Article/View/60
Sardiman, A. M. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Silalahi, N. H. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas III SD Negeri 101503 Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan (Doctoral Dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Http://Etd.Uinsyahada.Ac.Id/10087/
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.
T.U. Ermawati, & Risma Dwi. A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Dalam Bentuk Field Work Pada Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 31-48.
W. Fatimah, Dkk. (2022) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 28-35.
Wulansari, A. D. I. (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Minat Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. https://www.academia.edu/download/104164055
Wulansari, A. D. I. (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Minat Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. https://www.academia.edu/download/104164055
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Nurhafizah, Dea Mustika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.