Analisis Faktor Penghambat Berpikir Kreatif Pada Siswa Dalam Pembelajaran IPAS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat berpikir kreatif pada siswa dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka kelas IV SDN 022 Muara Langsat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data ialah wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa dan 1 orang wali kelas, serta instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, kuesioner, dan telaah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari kuesioner penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21,8% mencapai tingkat 4 (sangat kreatif), 31,4% mencapai tingkat 3 (kreatif), 36,6% mencapai tingkat 2 (cukup kreatif), dan 10,2% mencapai tingkat 1 (kurang kreatif).
Artikel teks lengkap
Referensi
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Vol. 4, Issue 2b). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766.
Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 57. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4820.
Agustin, L. L., Fakhriyah, F., & Pratiwi, A. I. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap K Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Materi Siklus Air Kelas V di SDN 2 Sengonbugel. 1(3), 167–177. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.85.
Anyan, Benediktus Ege, H. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i1.2146.
Amrinan & Jaenudin, , E. M. (2019). Pelatihan Media Powerpoint Slide Master Berbasis Pembela- jaran Kolaboratif Di Sma Kelurahan Bukit Lama Palembang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(1).
Damayanti, I., Elly, D. R., (2021). Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Karya Kolase pada Pembelajaran SBDP di Kelas IV SD Negeri 56 Banda Aceh. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/download/21650/9983
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039.
Dewi, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Dengan Memakai Media Pembelajaran Powerpoint Pada Siswa Kelas IX-1 MTSN Siabu Tahun Ajaran 2018/2019. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 1(Oktober), 1–10. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/13/17.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. 11(1), 119–130. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1181/1056
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini, 5(2),61. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40.
Gusmaniarti, G., Ishmatunnaila, I., & Suweleh, W. (2024). Higher Order Thinking Skill Melalui Model Pembelajaran STEAM Di Pendidikan Dasar. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 42-52.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm.
Naila, I. (2020, December). The Effectiveness of Science Project Learning Based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students' Collaborative Skills. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 7, No. 3, pp. 348-361). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.
Subur, J. (2016). Analisis Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika di Kelas. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3478
Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak BerbasisMultimedia Interaktif Abstrak. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.15294/seloka.v3i2.6619.
Lusi Purwanti, dkk/ Journal of Biology Education Vol 3 No 2 (2020) halaman 159. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92.
Wulandari, (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1. No. 2 Maret 2022. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.34
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Reni Lestari, Leny Julia Lingga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.