PEMANFAATAN MEDIA INTERACTIVE FLAT PANEL DISPLAY (IFPD) DALAM PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA MADRASAH
Abstrak
Perkembangan teknologi yang semakin maju membawa dampak yang sangat pesat bagi seluruh aspek kehidupan masnusia, termasuk dalam bidang pengetahuna dan pendidikan. Teknologi dalam bidang pendidikan menjadi salah satu media penunjang pelaksanaan pendidikan itu sendiri, salah satunya adalah pemanfaatan media Interactive Flat Panel Display (IFPD). Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji lebih dalam dari pemanfaatan media Interactive Flat Panel Display (IFPD) dalam Pembelajaran IPS bagi Siswa Madrasah. Penelitian ini dilakukan di MI Darwata Sikampuh, dengan subjek penelitiannya yakni Guru dan Siswa kelas lima, dan objek penelitian pemanfaatan IFPD dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Filed Research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Miles Huberman dengan cara mereduksi data terlebih dahulu, menyajikan data yang telah direduksi, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pemanfaatn media Interactive Flat Panel Display (IFPD) dalam Pembelajaran IPS memiliki dampak positif pada siswa, hal ini ditunjukan denagn adanya motivasi belajar siswa
Artikel teks lengkap
Referensi
Aryani, Wulan Dwi. 2014. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pakem Dengan Bantuan Media Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kandeman Batang Tahun Pelajaran 2013/2014.” Forum Ilmu Sosial 41 (1): 103–24.
Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, and Usep Setiawan. 2023. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” Journal of Student Research (JSR) 1 (2): 1–17.
Gunawan, Agus. 2016. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS Sd.” Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan 03 (02): 344.
Heryani, Ani, Nurul Pebriyanti, Tin Rustini, and Yona Wahyuningsih. 2022. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan 31 (1): 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977.
Hummaira, N.B. 2024. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS: Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Dan Moral Siswa.” International Journal of Education,Social Studies and Conseling (IJEDUCA) 2 (1): 1–13. https://multieducatif.org/index.php/ijeduca/article/view/56.
Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I., Kusumajanti, W., Ridlwan, M., Sutadji, E., & Mashfufah, A. (2023). ONLINE-BASED SCIENCE PROJECT LEARNING AS AN ELECTIVE INSTRUCTING MODEL TO IMPROVE THE COLLABORATIVE SKILLS OF ELEMENTARY STUDENTS. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(1), 71-96.
Naila, I., Kusumajanti, W., & Anggraini, A. E. Ethnoscience and Web-based Learning Media to Maintain Cultural Awareness in Science Classroom: An Exploratory Sequential Study. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 16(2), 199-212.
Indriyati, Nur. 2023. “Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 Di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap.” Jurnal Kependidikan 11 (2): 240–53. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702.
Khairi, Ipal. 2024. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi.” International Journal of Education,Social Studies and Conseling (IJEDUCA) 2 (1): 1–8.
Kurniawan, Y. S., and M. A. R Hakim. 2024. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interactive Flat Panel Display (IFPD) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 (1): 11326–41.
Lubis, Naswa Salsabila, and Muhammad Irwan Padli Nasution. 2023. “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat.” KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek 1 (12): 41–50. https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1311.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis (Terjemahan. Jakarta: UI Press.
Mulyosari, Endah Trie, and Banun Hafivah Cahyo Khosiyono. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (6): 2395–2405. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037.
Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 (1): 586–95.
Prihadi, Adhitya, Ryan Permana, Program Studi, Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu, and Pengetahuan Sosial. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Materi IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 3 Sungai Kakap.” SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial 9 (2).
Purba, Alfitriana, and Alkausar Saragih. 2023. “Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Era Digital.” All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety 3 (3): 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619.
Rio Marthen Pangella Nedi, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho. 2023. “Pembelajaran Transformatif Untuk Generasi Z: Dinamika Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Eksplorasi Teologi 7 (3): 86–97.
Selsabila, Viola, and Puri Pramudiani. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri.” Jurnal Paedagogy 9 (3): 458. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5372.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Syaibah, Ulfa Maryam. 2019. “Penggunaan Media Interaktif Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Good Character Peserta Didik.” Universitas Pendidikan Indonesia.
Verdinandus Lelu Ngongo, Taufiq Hidayat, Wiyanto. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 628–38. https://doi.org/10.1515/9781400866137.
Wahidar, Tutut Ismi, Adira Suty Sabilla Putri Sandry, Akhma Awsi Essa Nurzafitri, Ghefira Auliya Rabbani Anedin, Khairunnisa Nurhafizah, Okta Syatika, Arsy Dai Rahman Purba, et al. 2023. “Peran Media Digital Terhadap Semangat Belajar Siswa Smpn 1 Pelalawan.” EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (9): 1114–28. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1611.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Rachman Riyadi, Tutuk Ningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.