Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Materi Keragaman Budaya

Ernita Kumala Sari (1), Fitriyeni (2)
(1) Universitas Islam Riau, Indonesia,
(2) Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstrak

 Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi keragaman budaya kelas 4, mempermudah guru untuk mengatasi peserta didik yang kurang focus dalam belajar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Desain pengembangan DDIE terdiri dari 5 tahap yaitu :Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pda penelitin ini hanya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu 1) tahap analisis terdiri dari analisis pendidik, peserta didik dan materi pembelajaran; 2) tahap desain yaitu perencangan media pembelajaran powerpoint interaktif dengan menggunakan aplikasi powerpoint; 3) tahap pengembangan yaitu memproduksi media pembelajaran yang telah dirancang pada tahap desain; 4) tahap implementasi yaitu tahap uji coba yang dilakukan kepada peserta didik; 5) tahap evaluasi yaitu tahap dimana dilakukan revisi setelah menerima saran, kometar, dan masukan dari guru, peserta didik, dan validator. Selain produksi media, peneliti juga menyusun instrument penelitian yaitu lembar validasi. Lembar validasi diisi oleh 6 validator ahli yang terdiri dari 2 validator media, 2 validator ahli bahasa, dan 2 validator ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif memenuhi kriteria sangat valid, dengan rata-rata nilai 89,1% dari validator.


Kata Kunci: Media Pembelajaran; Power Point Interaktif; Sekolah Dasar

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(1), 57.

Anyan, Benediktus Ege, H. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1), 1–11.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Dewi, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Dengan Memakai Media Pembelajaran Powerpoint Pada Siswa Kelas IX-1 MTSN Siabu Tahun Ajaran 2018/2019. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 1(Oktober), 1–10.

Dian Eka Amrina, Riswan Jaenudin, Siti Fatimah, E. M. (2019). Pelatihan Media Powerpoint Slide Master Berbasis Pembela- jaran Kolaboratif Di Sma Kelurahan Bukit Lama Palembang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(1).

Eka Wulandari, (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1. No. 2 Maret 2022 e-ISSN:Fang J, Peng X. 2014. Developmental changes in cell proliferation and apoptosis in the normal duck bursa of fabricius. J Vet Sci. 15:465-474.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini, 5(2), 61.

Firstanianta, H., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 9366-9380.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Gusmaniarti, G., Ishmatunnaila, I., & Suweleh, W. (2024). Higher Order Thinking Skill Melalui Model Pembelajaran STEAM Di Pendidikan Dasar. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 42-52.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41.

Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis

Multimedia Interaktif Abstrak. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 83–89.

Lusi Purwanti, dkk/ Journal of Biology Education Vol 3 No 2 (2020) halaman 159. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92.

Penulis

Ernita Kumala Sari
kumalasariernita@gmail.com (Kontak utama)
Fitriyeni
Kumala Sari, E., & Fitriyeni. (2024). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Materi Keragaman Budaya . ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24382

Rincian Artikel