analisis respon siswa Analisis Respon Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan taksonomi SOLO Ditinjau dari Gender

Wulan Fatikhah (1), Sukoriyanto (2), Sri Rahayuningsih (3)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Malang";}, Fiji,
(2) Universitas Negeri Malang, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level respon siswa berdasarkan Taksonomi SOLO dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender di SDN Sutojayan 2 Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mendapatkan informasi dari partisipan mengenai respon yang diberikan. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki kelas V, guru matematika kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengkategorikan siswa dalam lima level taksonomi SOLO yakni level prestructural, unistructural, multistructural, relational, dan extended abstract. Hasil penelitian ini adalah siswa perempuan memiliki tingkat pemahaman, ketelitian, dan ketekunan lebih tinggi daripada siswa laki-laki sehingga mempengaruhi respon yang diberikan. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan berada di level lebih tinggi dari siswa laki-laki yaitu berada di level relasional dan laki-laki berada pada level multistruktural.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university: What the student does (Vol. 4th). Society for Research into Higher Education.

Claudia, L. F., Kusmayadi, T. A., Fitriana, L. (2020). The SOLO taxonomy: classify students’ responses in solving linear program problems, Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), doi:10.1088/1742-6596/1538/1/012107

Damayanti, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Himpunan dengan Model Jucama ditinjau dari Gender. Artikel Simki-Techsain, 2(7), 1–8.

Dewi, S. K., Suarjana, Md., & Sumantri, Md. (2014). Penerapan Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Ekawati, dkk, 2013. Studi Respon Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Educatiion Research, 2(2):101-107.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Handayani, F., Lestari, A., Thalhah,S. Z. (2023). Analysis of Students' Thinking Level Based on SOLO Taxonomy in terms of Learning Style. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education 2, 249-253

Hasan, B. (2017). Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 449-458. http://ejournal.umm.ac.id/

Helaluddin. 2018. Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penenlitan Kualitatif,. Jurnal Research Gate

Hidayatulloh, R., Suyono, Azizah, U. (2020). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(01), https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Ismaimuza, DI (2023). Analisis Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa dengan Kecerdasan Musikal dan Siswa dengan Kecerdasan Kinestetik di MAN 2 Kota Palu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10 (2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.64990

Iswanto, A., Putri, C. V., Rizkia, P. A., Faradillah, A., & Hadi, W. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENYELESAIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER DAN GEOGEBRA. Jurnal GeoGebra Indonesia, 2(1), 37–51.

Khoirunnisa, A., Berahman, Dimpudus, A. (2021). Comparation of eleventh-grade students ability to complete sequences and series based on solo taxonomy by gender. Proceedings Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer. DOI: 10.30872/msgk.v2i1.755

Laila, S., Siregar, A., & Surya, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisdan Self-Efficacy Siswa. 07(1), 223–239.

Lestari, L., & Murtiyasa, B. (2023). Eksperimen Pendekatan Open Ended Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1767–1780. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19418

Putri, C., & Miatun, A. (2023). Analysis of High School Students' Mathematical Problem-Solving Ability Based on Mathematics Anxiety and Gender. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 726-742. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.7991

Rahayu, P., & Desi, S. (2023). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal aljabar berdasarkan klasifikasi taksonomi SOLO. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2):164-175

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 11(4), 41–48. https://doi.org/10.11164/jjsps.11.4_473_2

Sari, N. R. U., Dantes, N., & Ardana, I. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemampuan Verbal. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4(1).

Setiawan, R., & Elita M. S. W., (2022). Penerapan Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcome) Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika LINIAR, 3 (1), 98-104. DOI:10.32332/linier.v3i1.4470

Silwana, A., Subanji, Manyunu, M., & Rashahan, A. A. (2021). Students’ Responses Leveling in Solving Mathematical Problem Based on SOLO Taxonomy Viewed from Multiple Intelligences. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education. http://journals.ums.ac.id/index.php/ijolae

Siswanto, E. & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1)

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika.Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika,2(2), 335–344. https:// doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1830

Susento. 2006. Mekanisme Interaksi Antara Pengalaman Kultural-Matematis, Proses Kognitif, dan Topangan dalam Reivensi Terbimbing. Disertasi. Surabaya: Unesa

Upu, H., Bangatau, N. S. (2018). The Profile of Problem-solving in Algebra based on Solo Taxonomy in Terms of Cognitive Style. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 227

Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505–518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1099

Wahyuni. 2013. Pengembangan Koleksi Jurnal (Study Kasus Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Tesis, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wea, F., & Saputro, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Taksonomi Solo. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 49-58. https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i2.15825

Wulansari, R., Putri, A. A. R., Nopitasari, D. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 6 (2), pp: 125-132. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.2.125-132

Yuniawatika. (2018). Kemampuan Koneksi Matematik Mahasiswa PGSD Ditinjau dari Perbedaan Gender. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10(2): 72-77

Penulis

Wulan Fatikhah
wulanfatikhah97@gmail.com (Kontak utama)
Sukoriyanto
Sri Rahayuningsih
Fatikhah, W., Sukoriyanto, & Rahayuningsih, S. (2024). analisis respon siswa Analisis Respon Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan taksonomi SOLO Ditinjau dari Gender. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24365

Rincian Artikel