IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERLIBATAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbandiangan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan siswa antara siswa yang belajar dengan pendekatan teaching at the right level (TARL) dan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif kelas eksperimen, diperoleh nilai rerata pretest siswa = 53.46 dan pada postest =83.46. sedangkan pada kelas kontrol hasilnya adalah nilai rerata pretest siswa = 47.69 dan pada postest =75.53. Hal ini berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah diberikan pembelajaran dengan pendekatan TaRL. Sedangkan hasil keterlibatan siswa pada kelas eksperimen adalah siswa dapat aktif berpartisipasi dalam diskusi Bersama teman kelompoknya, siswa dapat terlibat dalam menyampaikan pendapat pribadinya, dan siswa dapat terlibat dalam mengerjakan Latihan soal atau tes individu yang diberikan oleh guru. Sedangkan pada kelas kontrol indikator yang dicapai lebih sedikit yaitu hanya satu indikator saja yaitu siswa hanya dapat mengerjakan soal Latihan atau tes individu dari guru, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan siswa secara signifikan antara siswa yang belajar dengan pendekatan TARL dan siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional
Artikel teks lengkap
Referensi
Ahyar, dkk. (2022) Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5 (11) 5241-5246.
Bayumi, dkk., (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish.
Fita, E. P., Afriatun, & Anggun, B. K. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2443
Fitriani, S. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta didik dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TaRL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180–189.
Herniatsih, N. A., Zamroni, N., & Winarti, E. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model PBL Berpendekatan TaRL Berbantuan Geogebra Materi Fungsi dan Pemodelannya Kelas XI SMAN 12 Semarang. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 1044–1052.
Instituto Nacional de Estadística. (2021). Available on-line at: 48(2), 39–62.
Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
Khafidhoh, M., Rahaju, E. B., & Wahyuni, I. S. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 SURABAYA. 29–42. http://dx.doi.org/10.26714/jkpm.11.2.2024.29-42
Meinawati, R., Wicaksono, V. D., Firnanda, Z. I., Nina, P. La, Sunipah, A., & Surabaya, U. N. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level ( TaRL ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas 4 di SDN Kalisari II Surabaya. 5(2), 272–280.
Mubarokah, Syahratul. (2022). Tantangan implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan dasar. Vol. 4. No. 1. 165-179.
Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Naila, I. (2023). The Analysis of Online Learning Using Microsoft Teams on Third-grade Elementary School Students' Motivation. KnE Social Sciences, 105-119.
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99.
Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Media Monopoli Angka Rahasia (Monara) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Αγαη, 15(1), 37–48.
Raden Roro Risang Ayu Dewayani Putri, Puji Hariyati Winingsih, S. S., & Zusroni, A. (2024). Pembelajaran IPA Terintegrasi TaRL-SEL dengan PBL dalam Pendahuluan. 2(1), 46–58.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Saputro, Eko Wahyu. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bahasa dan sastra dalam pendidik Linguistik dan Pengembangan. Vol. 2, No. 1. 179-192.
Syafaah, D. S. N., Nugroho, A. A., & Nuruliarsih, N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 260–265. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.482
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Wirastuti, M. E. E., Meteray, B., & Listyarini, S. (2024). Pengaruh Student Agency terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Yang Dimediasi Motivasi Diri. Journal of Education Research, 5(2), 1056–1063. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.928
Yuliyanti, M., Agustin, A., Utami, S. D., Purnomo, S., & Wijaya, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas Xi Sman 64 Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 634–649.
Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Ma'ruf Mustofa, Muhammad Alfan, Slamet Arifin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.