Pengaruh PENGARUH STRATEGI MEMBACA NYARING BERBANTUAN BUKU ANAK BERJENJANG TERHADAP MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA
Abstrak
Indonesia berada pada peringkat bawah dalam hal literasi membaca, baik minat maupun keterampilan membaca. Kurikulum merdeka belajar disusun untuk meningkatkan literasi membaca siswa salah satunya melalui media buku anak berjenjang pada tingkatan siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi membaca nyaring berbantuan buku anak berjenjang terhadap minat dan keterampilan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimen dengan jumlah sampel pada masing-masing kelas kontrol dan eksperimen adalah 30 siswa sekolah dasar yang duduk di kelas III. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan strategi membaca nyaring berbantuan buku anak berjenjang sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diberlakukan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur variabel minat membaca berupa kuisioner, sedangkan untuk variabel keterampilan membaca berupa soal tes bacaan. Alat analisis yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung 6,943 dengan sig 0,000 pada variabel minat membaca dan nilai t-hitung 2,962 dengan sig 0,004 pada variabel keterampilan membaca. Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata minat dan keterampilan membaca siswa antara siswa yang belajar menggunakan strategi membaca nyaring berbantuan buku anak berjenjang dengan siswa yang menggunakan strategi konvensional. Strategi membaca nyaring berbantuan buku anak berjenjang berpengaruh terhadap minat dan keterampilan membaca siswa.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abidin, Yunus, Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara
Ali Rachman, Z., Lukman Praja, A., & Maryam Rohimah, S. (n.d.). Hubungan Minat Membaca Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah DasaR. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia
Anggia Nastitie Ariawan, V., Ulan Purnamasari, T., Majenang, S., & Pendidikan Indonesia, U. (n.d.). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Multidisipliner 2023 SHEs: Conference Series 6 (4) (2023) 665-676 Optimizing Reading Interest through the School Literacy Movement (Gerakan Literasi Sekolah) in Primary School. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Arjun, M., & Laksono, K. (2023). Pengembangan Buku Berjenjang Teks Prosedur Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru SidoarjO. BAPALA, 10(2), 218–231.
Dagostino, L., Carifio, J., Zhao, Q., & Bauer, J. D. C. (2015). Using Bloom’s Revised Taxonomy to Analyze a Reading Comprehension Instrument (Vol. 18, Issue 2).
Faisal, M., Pada, A., Akbar, K., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Buku Bacaan Berjenjang Pada Siswa Kelas I Sdn 225 Allu Kabupaten Bulukumba. Increasing Reading Skills Through The Media Of Leveled Reading Books In Class Students I Sdn 225 Allu Bulukumba District. PINISI Journal of Education.
Gena, E. B. H., Kaleka, L. B., & Awa, N. Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Bacaan Berjenjang terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Masehi Kabalidana pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5476-5484.
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS. Alfabeta.
Rahmi, A. A., & Dafit, F. (2022). Peran guru dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan profesi guru, 5(2), 415-423.
Utami, K., & Mulyadi, S. (2022). Primary School Students’ Reading Interest: What Are the Determining Factors? 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4834
Yoni, E. (2020). PENTINGNYA MINAT BACA DALAM MENDORONG KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN. Inovasi Pendidikan, 7(1), 13–10.
Zulham, M. (2022). Pengaruh Membaca Lima Belas Menit Sebelum Pembelajaran terhadap Minat Baca Siswa. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 63–72. https://dmi-journals.org/deiktis/index
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Lilik Kusuma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.