PENERAPAN MEDIA MANIK – MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA GEMPOL KURUNG MENGANTI – GRESIK.

Leni Yuliana (1), Desi Eka Pratiwi (2), Maulana Rafi Rulis Saputra (3), Miranda Noerdiana Sari (4)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Wijaya Kusuma Surabaya";}, Indonesia,
(2) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia, Indonesia,
(3) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia, Indonesia,
(4) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar berhitung bilangan bulat dengan menggunakan media manik-manik pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Gempol Kurung Menganti-Gresik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang bejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis kualitatif untuk data observasi, dan analisis kuantitatif untuk data tes, penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II maka dapat diketahui bahwa media manik – manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, aktivitas guru dari 72% pada siklus I meningkat menjadi 85,33% pada siklus II, Persentase aktivitas siswa meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 42,30% pada pra siklus menjadi 69,23% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II yaitu mencapai 96,15%

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agyei, D. D., & Voogt, J. (2011). ICT use in the teaching of mathematics: Implications for professional development of pre-service teachers in Ghana. Education and information technologies, 16, 423-439.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Attard, C., & Holmes, K. (2020). “It gives you that sense of hope”: An exploration of technology use to mediate student engagement with mathematics. Heliyon, 6(1).

Barnawi, R. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Bondurant, L. (2015). Math manipulatives: Making the abstract tangible.

Bormanaki, H. B., & Khoshhal, Y. (2017). The Role of Equilibration in Piaget's Theory of Cognitive Development and Its Implication for Receptive Skills: A Theoretical Study. Journal of Language Teaching & Research, 8(5).

Bruner, J. (1974). Toward a theory of instruction. Harvard university press.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2020). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. Routledge.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied developmental science, 24(2), 97-140.

Dwijayani, N. M. (2019, October). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022099). IOP Publishing.

Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The effect of mat joyo application on students’ understanding of mathematical concepts fifth grade elementary school. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12-22.

Fauzan, A., Plomp, T., & Gravemeijer, K. P. E. (2013). The development of an RME-based geometrycourse for Indonesian primary schools. In Educational design research-Part B. Illustrative cases (pp. 159-178). SLO: Netherlands institute for curriculum development.

Gagné, R. M. (1985). The conditions of learning and theory of instruction.

Hiebert, J., & Grouws, D. A. (2007). The effects of classroom mathematics teaching on students’ learning. Second handbook of research on mathematics teaching and learning, 1(1), 371-404.

Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential learning theory: Previous research and new directions. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles (pp. 227-247). Routledge.

Kurniawati, I., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 133-140.

Larbi, E., & Mavis, O. (2016). The Use of Manipulatives in Mathematics Education. Journal of Education and practice, 7(36), 53-61.

Linn, R. L. (2008). Measurement and assessment in teaching. Pearson Education India.

Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2019). Characteristics of learning media that motivate learners. European Journal of Research in Social Sciences Vol, 7(1).

Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and instruction, 29, 171-173.

Mead, G. H. (2015). Mind, self & society. University of Chicago press.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020, December). TIMSS 2019 international results in mathematics and science.

Murniasih, T. R. (2016). Penggunaan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Teorema Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 142-152). Penerbit CV. Bintang Sejahtera.

Nicholls, G. (2014). Learning to teach: a handbook for primary and secondary school teachers. Routledge.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International University.

Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Maping berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560-566.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary educational psychology, 61, 101860.

Safari, Y., & Putri, H. W. F. (2024). Strategi Efektif untuk Mengatasi Kesulitan Matematika pada Anak SD: Tips untuk Guru dan Orang Tua. Karimah Tauhid, 3(9), 9838-9846.

Sagor, R. (2011). The action research guidebook: A four-stage process for educators and school teams. Corwin Press.

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Sukardi. (2016). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Swanson, H. L. (2014). Does cognitive strategy training on word problems compensate for working memory capacity in children with math difficulties?. Journal of Educational Psychology, 106(3), 831.

Syam, A. P., Akib, I., & Syamsuddin, A. (2020). The application of cooperative learning model of team assisted individualization (tai) based manipulative media on topics “shape” of class vi elementary school of tombolok gowa. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(3), 317-327.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2022). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally. Pearson. One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154-160.

Zeichner, K. (2013). Educational action research. In Inclusion and Behaviour Management in Schools (pp. 123-142). David Fulton Publishers.

Penulis

Leni Yuliana
leniyuliana@uwks.ac.id (Kontak utama)
Desi Eka Pratiwi
Maulana Rafi Rulis Saputra
Miranda Noerdiana Sari
Yuliana, L., Pratiwi, D. E., Saputra, M. R. R., & Sari, M. N. (2024). PENERAPAN MEDIA MANIK – MANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA GEMPOL KURUNG MENGANTI – GRESIK. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24314

Rincian Artikel