The Development of E-Book-Based Teaching Materials Through a Culturally Responsive Teaching Approach in Elementary Schools
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-book melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunkan model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu Analyze, Desaign, Develop, Implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan lembar validasi. Peneliti melibatkan dua validator untuk memvalidasi E-book dan satu validator untuk memvalidasi materi yang ada didalam e-book. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar berbasis e-book yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori valid/layak dengan presentase sebesar 91,25%. (2) Materi dalam e-book terbukti efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar dengan presentase sebesar 85% termasuk dalam kategori valid/layak (3) Angket respon siswa menunjukkan penggunaan e-book efektif dan mudah dipahami dengan presentase sebesar 91,53% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan perolehan nilai pada analisis data diatas dapat disimpulkan bawasannya pengembangan bahan ajar berbasis e-book melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching valid/ layak digunakan di Kelas V SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Majemuk.
Kata Kunci: Bahan Ajar; E-book; Pendekatan Culturally Responsive Teaching; Sekolah Dasar
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, s. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
DeVries, R. (2002 pp. 59-79). Implications of Piaget’s Theory for Peer Learning." In Cognitive Perspectives on Peer Learning . Routledge.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Kaaffah LearningCenter.
Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menenngah Pertama . REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 172.
Mayer, R. E. (2017). ow Multimedia Can Improve Learning and Instruction. In R. E. Mayer & P. A. Alexander (Eds.), Handbook of Research on Learning and Instruction. New York (2nd ed., pp. 143-159): Routledge.
Mclsaac, M., & Gunawardena. (1996, h. 78). Handbook of Research For Educational Communications and Technology. new York: AECT.
Octamela, K. S., Suweken, G., & Made, A. I. (2019). Pemahaman Matematis Siswa Dengan MenggunakanBuku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 172.
Piaget, J. (1964). Development and Learning. In R.E. Ripple & V.N. Rockcastle (Eds.), Piaget Rediscovered: A Report of the Conference on Cognitive Studies and Curriculum Development. Ithaca: Cornell University Press.
Pratiwi, D. E. (2022). Pembelajaran Tematik di SD/MI (Teori dan Praktik). Surabaya: UWKS PRESS.
Pratiwi, D. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang Surabaya. JURDIKBUD, 195.
Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo.
Suherman, E., & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Desi Eka Pratiwi, Leni Yuliana, Neta Tabhita Partika, Muhammad Navis Roihan Daru Noorwinanda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.