STRATEGI PENGUATAN KEPEMIMPINAN VISIONER, KOMUNITAS BELAJAR DAN EFIKASI KOLEKTIF UNTUK MENIGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi dapat menciptakan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa, terutama dalam kurikulum mandiri, implementasinya menjadi tantangan besar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi dan cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi melalui penguatan kepemimpinan visioner, komunitas belajar , dan efikasi kolektif Penelitain menggunakan metode path analysis dan analisis SITOREM dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan visioner, komunitas belajar, dan efikasi kolektif adalah faktor kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi. Efikasi kolektif berperan sebagai mediator dalam hubungan antara kepemimpinan visioner dan komunitas belajar terhadap efektivitas pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan strategi kepemimpinan visioner dan komunitas belajar mendukung peningkatan efikasi kolektif guru dan dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi.
Kata kunci : Kepemimpinan visioner, komunitas belajar, efikasi kolektif, pembelajaran berdiferensiasi
Artikel teks lengkap
Referensi
Bandura, A. (2000). Exercise of human agency through collective efficacy. Current Directions in Psychological Science, 9(3), 75–78. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00064
Donohoo, J. (2016). Collective Efficacy How Educators’ Beliefs Impact Student Learning. In Collective Efficacy How Educators’ Beliefs Impact Student Learning (pp. 103–121). Corwin Press. https://doi.org/10.4324/9781003264453-7
Douglas Fisher, N. F., & Almarode, J. (2020). Student Learning Communities as Builders of Collective Efficacy. Reading Psychology, 41(6), 559–582. https://doi.org/10.1080/02702711.2020.1783139
DuFour, R., DuFour, R., Eaker, R., Many, T. W., &, & Mattos, M. (2016). Learning By Doing. In Learning by Doing: A Handbook for Professional Learning Communities at Work. Solution Tree. https://doi.org/10.4324/9781003296355-30
Ferayanti, M. (2023). PANDUAN OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. https://mil-kv.guru.belajar.id/panduan-ikm/PANDUAN OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR.pdf
Galanteri, V. (2023). Manfaat dan Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Antara News, 24–27. https://babel.antaranews.com/berita/371001/manfaat-dan-tantangan-pembelajaran-berdiferensiasi
Goddard, R. (2002). A theoretical and empirical analysis of the measurement. Educational and Psychological Measurement of Collective Efficacy: The Development of a Short Form, 62(1), 97–110.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Harris, A., & Jones, M. (2019). Teacher leadership and educational change. School Leadership & Management, 39(2), 123–126. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1574964
Hassan, R., Ahmad, J., & Boon, Y. (2018). Instructional leadership practice among headmasters in the southern region of Malaysia. Journal of Social Sciences Research, 2018(Special Issue 2), 76–90. https://doi.org/10.32861/jssr.spi2.76.90
Hudson, C. (2023). A Conceptual Framework for Understanding Effective Professional Learning Community (PLC) Operation in Schools. Journal of Education, 0(0), 1–11. https://doi.org/10.1177/00220574231197364
Khusna, R., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252–260. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/28542
Maran, T. K., Baldegger, U., & Klösel, K. (2022). Turning visions into results: unraveling the distinctive paths of leading with vision and autonomy to goal achievement. Leadership and Organization Development Journal, 43(1), 133–154. https://doi.org/10.1108/LODJ-06-2021-0268
Muhammad, U., Christiana, R., & Akhmad, S. (2019). THE VISIONARY LEADERSHIP STRATEGY IN ADVANCING EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Erudio Journal of Educational Innovation, 6, 206–215. https://doi.org/10.18551/erudio.6-2.7
Muntari, Burhanuddin, I Nyoman Loka, Mukhtar Haris, & Aliefman Hakim. (2022). Pendampingan Implementasi Lesson Study For Learning Community (LSLC) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA/MA/SMK Yayasan Pondok Pesantren Darussholihin NW Kalijaga, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 323–328. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1464
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Sholeh, M. I., Syafi, A., & Nashihudin, M. (2023). Kepemimpinan Visioner dalam Membangun Komunitas Belajar Kolaboratif. 4(4), 10–27.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Swargiary, J., & Baglari, N. (2018). A Study on Teacher Effectiveness at Primary Level. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 23(1), 28–35. https://doi.org/10.9790/0837-2301042835
Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181
Zheng, X., Yin, H., & Li, Z. (2019). Exploring the relationships among instructional leadership, professional learning communities and teacher self-efficacy in China. Educational Management Administration and Leadership, 47(6), 843–859. https://doi.org/10.1177/1741143218764176
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Dasep Ahmad Rukbi, Nandang Hidayat, Henny Suharyati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.