Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar
Abstrak
Kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita pengukuran luas masih rendah, terlihat dari ketidakmampuan prosedur pemecahan masalah yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas IV SDN Duren Jaya IV Kota Bekasi dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME). Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Peneliti mengimplementasikan instrumen pengukuran yang telah divalidasi agar bisa mendapatkan informasi dalam penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial. Berdasarkan percobaan di kelas, disimpulkan bahwa penerapan Model Realistic Mathematics Education (RME) Membawa manfaat positif bagi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama pada soal cerita. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki score rata-rata pretest 42,76, dan score posttest 80,00. Meskipun kelas kontrol memiliki rata-rata ujian awal 40,00, rata-rata ujian akhir mereka naik menjadi 72,62. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya penerapan model Realistic Mathematics Ecucation (RME) dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV.
Artikel teks lengkap
Referensi
Agusdianita, N. (2022). Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 165. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58329
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.09
Listyautami Anggraeni, R., Rahmawati, P., Sukmarani, D., Trie Mulyosari, E., & Muhammadiyah Magelang, U. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Ssekolah Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Berbantuan Media Block Dienes. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 177–185. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/20714
Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 108–119. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/30023%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/download/30023/13340
Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.8484
Rani Nur, D., Suryana, Y., Haki Pranata, O., Kunci, K., & Rme, pendekatan. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD. 7(4), 50–58. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Yetri, O., Fauzan, A., Desyandri, D., Fitria, Y., & Fahrudin, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2000–2008. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.249
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Niken Muntheawati, Arrahim Arrahim, Dwi Safitri Mujiani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.