MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI DEPOK 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE) BERBANTUAN MEDIA BLOCK DIENESMODEL

Romadhini Listyautami Anggraeni (1), Puji Rahmawati (2), Dhuta Sukmarani (3), Endah Trie Mulyosari (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia,
(2) , Indonesia,
(3) , Indonesia,
(4) , Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas III A SD Negeri Depok 1 pada materi pembagian.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi pembagian dengan menggunakan model SSCS (Search, Solve, Create, and Share) berbantuan media Block Dienes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III A SD Negeri Depok 1 yang berjumlah 28 siswa, 18 siswa laki laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada prasiklus hanya terdapat 17,85% siswa yang memiliki nilai di atas rata-rata, kemudian pada siklus I meningkat menjadi  42,85% siswa, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi  85,71%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunan model SSCS berbantuan media block dienes mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III A SD Negeri Depok 1


 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ResearchGate, May.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.

Budi, F., Yuyun, S. H., & Oom, K. (2018). Pemahaman Perkalian Dengan Media Kantong Bergambar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Thun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Janati, Eli; Aras, Latri; Fitri, M. F. (2019). Penggunaan Alat Peraga “Blok Dienes” Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 2 Pada Materi Bilangan Bulat Di Sdn 015 Balikpapan Selatan. Global Science Education Journal, 1(1), 15–21. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/ges/article/view/694/318

Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021). Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 59–68.

Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 4 di SDN Bulak III Tangerang Selatan. Jurnal Halaqah, 3(3), 75–83.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran.

Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.980

Rini, A., & Idrus, N. A. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Block Dienes Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Inpres Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. 1–9.

Saleh, M., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Abdullah, G., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Hasim, E., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Katili, S., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Gorontalo, U. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Mordiscvein di Era Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 03(June), 339–346.

Siti Apsoh, Awan Setiawan, & Susanti, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Daring. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.199

Susilawati, & Rosidah, A. (2020). Model Pembelajaran Sscs ( Search Solve Create and Share ) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0”. Agustus 2020, 20.

Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28

Utami, A. D., Zainudin, M., & Anggraini, L. (2020). Perubahan konseptual siswa dalam memahami konsep fungsi ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent dalam pembelajaran daring. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 1–16. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.23

Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema Journal, 4(1), 58–66.

Penulis

Romadhini Listyautami Anggraeni
romadhinijkl@gmail.com (Kontak utama)
Puji Rahmawati
Dhuta Sukmarani
Endah Trie Mulyosari
Anggraeni, R. L., Rahmawati, P., Sukmarani, D., & Mulyosari, E. T. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI DEPOK 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE) BERBANTUAN MEDIA BLOCK DIENESMODEL. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.20714

Rincian Artikel