PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi bangun ruang di Sekolah Dasar. Tes awal mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa kelas V SDN 135562 Kota Tanjung Balai masih berada pada kriteria kurang kritis, dengan persentase mencapai 59%. Oleh karena itu, guru perlu melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang efektif, seperti model Project Based Learning, kemampuan berpikir kritis siswa dapat mengalami peningkatan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan menggunakan desain Quasi Experimental berupa Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SDN 135562 Kota Tanjung Balai dengan populasi keseluruhan siswa sebanyak 140 orang. Penelitian ini menggunak instrument untuk menguji kemampuan berpikir kritis dalam bentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning secara signifikan mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis dengan uji t’ menunjukkan nilai -2,26 < 12,3 > 2,26 yang menunjukkan bahwa dengan menolak hipotesis nol (H0) dan menerima hipotesis alternatif (H1), terbukti bahwa model Project Based Learning memberikan dampak positif pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi bangun ruang di Sekolah Dasar.
Artikel teks lengkap
Referensi
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. 6(1), 45–53.
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783
Ardianingtyas, I. R., Sunandar, S., & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 401–408. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6661
Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/281
Fati’ah, A., Riyadi, & Daryanto, J. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6).
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Girsang, B., Sinaga, E. A. L., Tamba, P. G., Sihombing, D. I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment(PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. Sepren, October, 172–180. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.822
Harahap, I. H., Anas, N., & Hutasuhut, M. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Ekskresi. 11(3), 256–262.
Hasbi, S. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Manhaji Medan.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669
Khalliq, A., Barsihanor, & Arifa, T. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas I Di SD IT Robbani Banjarbaru. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 95–102.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In A. Q. Habib (Ed.), Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Cetakan 3). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1526–1539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/618/545
Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2020, May). Training Elementary Students’ Collaborative and Entrepreneurship Skills Using Science Student Worksheet Based on Project Learning. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 616-621). Atlantis Press.
Naila, I. (2020). The effectiveness of science project learning based on entrepreneurship model to improve elementary students’ collaborative skills. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 348-361.
Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2019). Developing Entrepreneurship-Oriented Project-Based Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Collaboration Skills. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(8), 412-416.
Nasution, M., Neliwati, N., & Rakhmawati, F. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 93–97.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. In The Language of Science Education (Vol. 1). https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Putri, F. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori Apos Pada Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 6 Sekayu. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.29
Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rahmawati, W. N. (2024). Teori Belajar Behavioristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 12–19.
Rangkuti, D., Rustam, & Salamah Br.Ginting, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 466–470. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/897/552
Rosiyanti, H., & Purnomo, Y. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Teori Behavioristik. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 61–64. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Salim, & Haidir. (2019a). Penelitian pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390
Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.
Sinaga, H., & Anas, N. (2022). Development of Student Worksheets Based on Critical Thinking Biotechnology Materials for Third Grade (IX Class) of Junior High School. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 355–363. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2761
Siregar, L. N. K. (2020). Dasar-dasar matematika.
Sudjana. (2005). Metoda Statistik (Cetakan 1). PT.Tarsito Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.
Umar, M. S., Rapi, M., & Bostam, I. (2018). Perbandingan Direct Instruction dan Tanya Jawab Terhadap Kemampuan membaca Peserta Didik Kelas II SD Inpres Rappokalling 1 Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 227. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v5i2a10.2018
Umi, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(2), 859–872. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1405
Yusnaldi, E., Wibowo, S. P., Azzahra, S., Sitorus, P. A., Hutasuhut, N. A., & Nadya, L. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD / MI. 7, 32160–32166.
Zakaria, I., & Tri Priyatni, E. (2019). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630–1649.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Rizki Umayroh, Nurdiana Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.