PENGARUH LKPD KECEPATAN DAN JARAK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT V MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Arif Billah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v8i2.22706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kompetensi Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai Islam. Kaitan nilai-nilai Islam dengan materi kecepatan dan jarak merupakan gabungan materi agama Islam dan matematika. Untuk meningkatkan hasil belajar siswaMetode dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif jenis pre-experimental design dengan desain One Group pretest-posttest. Pada desain ini terdapat dua kelompok belajar yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi 90 siswa dan sampel 56 siswa. Jumlah sampel siswa laki-laki 25 dan siswa perempuan 31 yang mana pada penelitian ini adalah kelas V MIN 12 kota Medan. Dari hasil analisis data menggunakan SPSS uji statistik independent test (t test), dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis nilai-nilai Islam mempengaruhi hasil belajar siswa terbukti bermanfaat. Studi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja akademik, terbukti dengan peningkatan yang cukup besar pada nilai rata-rata post-test kelompok kontrol menjadi 66,00 dan eksperimen yaitu 75,00.

References

Arafah, N., Sulastri, S., & Safrida, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pemanasan Global Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 50–66.

Arfada, D. F., & Hia, Y. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI MTsS MADANI PERDAGANGAN. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1827–1837.

Arlina, A., Lestari, A., Putri, A., Rambe, A., Elsil, E. A., & Jamilah, J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1008–1018.

Fahrozy, F. P. N. (2023). Pemahaman Membaca Dan Siswa Kesulitan Memahami Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 430–441.

Harahap, I. H., Anas, N., & Hutasuhut, M. A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(3), 256–262.

Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The development of student worksheets (LKPD) based on islamic characteristics in mathematics fractional materials in elementary school. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(2), 2222–2230.

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 55–66.

Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-nilai islami untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103–109.

Irfan, M., & Kamaliah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Melalui Media Video Pada Siswa Kelas VII di Pondok Pesantren Kampong Qur’an Desa Pulau Banyak. Journal Millia Islamia, 299–310.

Irmi, R. F., Al Farabi, M., & Darlis, A. (2023). Technology Education in the Quran. Solo Universal Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 1(01), 1–9.

Istiqomah, N., Santoso, G., Fitriyyah, Z., & Ribowo, E. (2023). Upaya Habituasi Keseharian Siswa Berakhlak Mulia Dan Berkarakter Islami Sebagai Wujud Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 46–62.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.

Malahati, F., & Maemonah, M. (2022). Analisis hambatan belajar tatap muka terbatas selama masa pandemi mata pelajaran Matematika operasi hitung pembagian kelas IV A di SD Negeri Mejing 2 Ambarketawang Gamping. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 63–77.

Marpaung, S. (2019). Integrasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Sekolah Di Yayasan Karya Bunda. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Masriana, M., Silalahi, T. A., Siregar, R. F., Rahman, A., Adela, S., Ramadani, K. S., & Yusnaldi, E. (2023). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26901–26905.

Nasution, A. G. J., & Hsb, A. A. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. NIZHAMIYAH, 12(1).

Nasution, A. H. (2017). Ayat dengan term bunayya dalam Al-Qur’an dan implikasinya dalam pendidikan. ’Tazkiyah’Jurnal Pendidikan Islam.

Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Novany, S., & Manalu, K. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 15–25.

Padila, C., Amanah, T. R., Safni, P., Zulmuqim, Z., & Masyhudi, F. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Zaman Nabi Muhammad dan Relevansinya dengan Zaman Sekarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 341–349.

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika kelas 3 semester 1. MANAZHIM, 2(1), 45–53.

Prayogo, B. A. (2017). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233.

Randi, R. (2021). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 51 Seluma. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 1(1), 18–43.

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD discussion activity terintegrasi keislaman dengan pendekatan pictorial riddle pada materi pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39–47.

Rosaria, F. I., & Dewi, F. P. U. (2022). Matematika dan tata bahasa: analisis filsafat matematika dan penerapannya dalam pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 36–43.

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328.

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran matematika yang bermuatan nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa sma kota sungai penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21.

Sari, V. P., Marlina, T., & Marlina, L. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas Rendah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 535–543.

Sari, Y. P., Munawaroh, L. K., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2019). PENGARUH LKS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MELATIH KARAKTER SISWA. Natural Science Education Research (NSER), 1(2), 138–147.

Sitika, A. J., Zanianti, M. R., Putri, M. N., Raihan, M., Aini, H., Nur’Aini, I., & Sobari, K. W. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 6(1), 5899–5909.

Suparwati, N. M. A., Suja, I. W., & Tika, I. N. (2023). E-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(1).

Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

Utama, N. G., Rahmatan, H., & Azhar, A. (2019). Penerapan LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Terintegrasi Nilai Islami Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 47–54.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd.

Published

2024-07-09

Issue

Section

Artikel