PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21353Abstract
Wordwall merupakan aplikasi berbasis jaringan atau web yang bersifat sebagai aplikasi edukasi, didalamnya terdapat berbagai template yang tersedia sehingga mampu membuat pembelajaran lebih bervariasi sehingga merangsang minta belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran PAI berbasis wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V di UPT. SD Negeri 5 Benteng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dimana dalam pelaksanaannya sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas V yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat dilakukan observasi pra siklus peserta didik sama sekali belum mengetahui mengenai media pembelajaran yang disebut wordwall disebabkan penggunaannya belum diterapkan. Kemudian pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II, minat peserta didik pada indikator perasaan senang dari 4,35% meningkat menjadi 73,91%. Indikator ketertarikan dari 9% meningkat menjadi 73,91%. Indikator perhatian dari 13% meningkat menjadi 78,26%. Dan Indikator keterlibatan meningkat dari 13% menjadi 73,91%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran PAI berbasis wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V di UPT. SD Negeri 5 Benteng sampai mencapai kategori keberhasilan yang diinginkan peneliti yaitu 70% atau mencapai tahap MSH= Meningkat Sesuai Harapan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Minat Belajar.
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.
Budirahayu, T., & Saud, M. (2023). Pedagogical innovation and teacher collaborations in supporting student learning success in Indonesia. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2271713
Dkk, P. D. (2023). Penerapan Metode Muraja’Ah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surah Pendek Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 129–135.
Dwi Rahayu, N. (2023). Pengaruh Media Wordwall Game Quiz terhadap Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1071–1078. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Fakhruddin, A., & Nurhidayat, E. (2020). Students’ Perception on Quizziz As Game Based Learning in Learning Grammar in Writen Discourse. Wiralodra English Journal, 4(2), 28–38. https://doi.org/10.31943/wej.v4i2.101
Farhatani, R. (2022). Model Tadabur Al- Qur ’ an Dalam Pembelajaran Pai Pada Materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 300–308.
Hardika, Aisyah, E. N., Raharjo, K. M., & Aptianingsari, D. (2020). Pembelajaran Transformatif Model Pembelajaran yang Memberdayakan. In Unm.
Juliandi, A. (2014). Classroom action research - Penelitian tindakan kelas. In Workshop on Teaching Grant for Learning Innovation. Medan: Center for curriculum and learning development, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (Issue December).
Mardiyana, T., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Problematika Siswa Kelas Vi Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(20), 25–39.
No Titleبییب. (n.d.).
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., Didik, P., Mata, P., & Pai, P. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 4(November 2022), 1481–1498.
Penggunaan, A., Terhadap, S., Emosional, K., Kelas, S., Sekolah, I. I. I., Desa, D. I., & Mayong, P. (2023). 1 , 2 , 3 123. 09, 1924–1933.
Prastitasari, H., Mairin Isnani, N., Purwanti, R., & Huljannah, M. (2023). Peningkatan Aktivitas, Minat, dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model MAP TURRET. ELSE (Elementary School Education Journal) , 7(1), 1–14. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11802
Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718
Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Rivan, M., Ryan, M., Nurhalisa, dan, Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno-Hatta, U., & Bandung, K. (2023). CONFERENCE SERIES LEARNING CLASS TAUHID AND AKHLAK Beriman Kepada Malaikat dan Kitab Allah. Gunung Djati Conference Series, 22, 176–184.
siskawati maya, pargiti, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. 4(1), 72–80.
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Tatsa Galuh Pradani. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Utami, D. D. A et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisah Fitri, Muhammad Saleh, Ali Rahman, Hamdanah, Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.