PENINGKATAN AKTIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAP TURRET

Authors

  • Herti Prastitasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Nor Mairin Isnani
  • Jumadi Jumadi
  • Ratna Purwanti
  • Miftha Huljannah

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.11802

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar yang berimbas pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan materi pengolahan data. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas pendidik dalam proses pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, minat belajar, dan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan data melalui pengaplikasian model MAP TURRET. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Rantau Kanan 2 Kabupaten Tapin selama dua skilus dalam 4 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan yang signifikan. Aktivitas pendidik pada siklus 1 dari skor 36 dengan kategori baik meningkat menjadi skor 49 di siklus kedua dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik pada siklus 1 dari 66,67% meningkat menjadi 100% di siklus 2 dengan kategori Sangat Aktif, minat belajar mencapai ketuntasan klasikal pada siklus 1 dari 83,33% meningkat menjadi 100% pada siklus 2 dengan kategori sangat berminat, dan ketuntasan klasikal hasil belajar mengalami peningkatan dari 83,33% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran di sekolah dasar.

Author Biography

Herti Prastitasari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Lambung Mangkurat

References

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E.T. 2017. Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching. Prosiding Seminar Nasional Mahapeserta didik Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Jakarta (Indonesia). p.1-8.

Albustani, M. 2017. Problematika Pendidik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik di SDN 1 Jarak Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. [Skipsi (Indonesia)]: IAIN Ponorogo.

Anggraini, S., Peserta didiknto, J., & Sukamto, S. 2019. Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment Bagi Peserta didik SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar Undiksa. 7: 221-229.

Arikunto. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asniwati & Abdurrahim. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Materi Sifat-sifat Kesebangunan dan Simetri Melalui Kombinasi Team Assisted Individualization dengan Talking Stick dan Demonstration di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin. Jurnal Paradigma. 11:15-20.

Asra, S. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Berry, S., Yohanes, & Sulistyarini. 2019. Analisis Upaya Guru dalam Memotivasi Siswa Pada Proses Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 2. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora. 10: 94-106.

Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. 2018. Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA PGRI 2 Kota Jambi. [Skripsi (Indonesia): Universitas Jambi.

Fathoni, A. 2018. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Minat Belajar Matematika Peserta didik Kelas V MIN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. [Skripsi(Indonesia)]: IAIN Ponorogo.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Islami, R. 2007. Stimulus Pendidik dan Respon Peserta didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 3 Malang. [Skripsi (Indonesia)]: Universitas Negeri Malang.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mahmudah, I. 2019. Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan dan Semangat Belajar Peserta didik di MI Tegalrejo Sawit. [Skripsi (Indonesia)]: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noviyati, I. N. 2018. Penurunan Tingkat Kecemasan Peserta didik pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Ice Breaking. [Skripsi (Indonesia]: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sanjaya, W. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Shoimin. 2013. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wibowo, I. S., & Farnisa, R. 2018. Hubungan Peran Pendidik Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 3: 181-202.

___________________________________________

Prastitasari, H., Qohar, A., & Sa’dijah, C. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Peserta didik Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian, dan Pengembangan. 3: 1599-1605.

Prastitasari, H. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Peserta didik Kelas IV. [Tesis (Indonesia): Universitas Negeri Malang.

Prastitasari, H. 2019. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional PS2MD ULM. Banjarmasin (Indonesia): Universitas Lambung Mangkurat.1. p. 83-88.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel