KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE CIRC DAN METODE SQ3R PESERTA DIDIK KELAS IV

Authors

  • Diah Milasari UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Subyantoro Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v8i1.20224

Abstract

Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu muatan pelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan membaca juga bertanggung jawab langsung pada pelaksanaan literasi sebagai sarana pengembangan yang berkualitas. Budaya literasi yang rendah di Indonesia menyebabkan pendidikan di Indonesia tertinggal dari negara tetangga.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keefektifan keterampilan membaca pemahaman melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan  metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen nonequivalent. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes keterampilan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan metode CIRC dan metode SQ3R pada peserta didik telah memenuhi kriteria keefektifan. Namun terdapat perbedaan Pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan metode CIRC lebih efektif daripada metode SQ3R Nilai rata- rata pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode CIRC yaitu  83,33 sedangkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R mencapai nilai rata-rata 82,70. Nilai rata-rata keduanya yakni 83,36< 81,15. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar membaca pemahaman kelas CIRC dengan kelas SQ3R.

 

 Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman; CIRC; SQ3R

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784/1026

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Cataraja, G. (2022). Effect of SQ3R on Students’ Reading Comprehension. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(4), 548–555. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.04.07

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134–142.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.†Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://jurnaldidaktika.org/

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk the Programme for International Student Assesment (Pisa). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 63–70. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2081

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Iman, M., & Mohamed, S. (2020). The Effectiveness of Robinson ’ s Strategy ( SQ3R ) on Developing Reading Comprehension Skills for Basic Eighth Grade Students in the Sultanate of Oman ر ثاحبلأل ةيلو دلا ةلجملا ةيوب تلا Developing Reading Comprehension Skills for Basic Eighth. … Journal for …, 44(2). https://scholarworks.uaeu.ac.ae/ijre/vol44/iss2/6/%0Ahttps://scholarworks.uaeu.ac.ae/cgi/viewcontent.cgi?article=1428&context=ijre

Mangasi, P. L. (2019). Implementation of SQ3R to Increase Reading Interest, Critical Thinking Skills, and Ability to Understand Indonesian Language Reading of 6th Grade Indonesia A Students. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 1(1), 71–81. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v1i1.10

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Setiyani, M. S. (2020). No Structural Covariance Analysis of Health-Related Indices for the Elderly at Home with a Focus on Subjective Feelings of Health Title. 1–9

Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan. (2021). The Effectiveness of Production-Based Learning Models in the ICARE Approach to Entrepreneurial Literacy Ability. Journal of Nonformal …, 7(2), 142–149. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/31700%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/download/31700/12002

Sumiyani, S., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iv Sdn Tangerang 5. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 118–124.

Waluya, S. B. (2019). Pelatihan Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru-Guru Sekolah Dasar YPII. Jurnal Abdimas, 23(1), 1–7.

Published

2023-10-06

Issue

Section

Artikel