Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD

Sekar Reviyana Larasati (1), Diki Rukmana (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif yang memadukan pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA kelas IV SD. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Para ahli pendidikan dan pengajar IPA terlibat dalam proses validasi untuk memastikan kevalidan isi dan desain e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki konten yang sesuai dengan kurikulum IPA kelas IV SD dan telah diintegrasikan dengan pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kreatif. E-modul ini menggunakan aplikasi Book Creator yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran melalui gambar, teks, video, dan elemen interaktif lainnya. Selain itu, e-modul juga mengandung tugas-tugas yang mendorong siswa untuk menggunakan keterampilan berpikir kreatifnya dalam memecahkan masalah ilmiah. Penggunaan e-modul ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, serta memperkuat pemahaman konsep-konsep ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA. Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Book Creator berbasis pendekatan saintifik dan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas IV SD memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan kreativitas siswa di bidang sains.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ahmad, R. M., & Wilujeng, I. (2018). Web Module with Image and Mathematical Representation as a Form of Optimization Ability of Creative Thinking and Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012027

Fikrah, Z., Sukma, E., Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas SDN, P. I., Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan, A., & Pesisir Selatan Zakiyatul Fikrah, K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1183. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5328

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

H, Karwono., Mularsih, H. (2018). Belajar dan pembelajaran : serta pemanfaatan sumber belajar (2nd ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Habibah, U. N., & Mitarlis. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Hidrokarbon. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 9–15. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p9-15

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa (M. Taufik (ed.)). PT. Panca Terra Firma.

Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E- Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 39–51. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E- Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830

Mitra, J., & Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI AuliaurrasyidinTembilahan, 6(1). https://media.neliti.com/media/publications/319230-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-saint-17768c36.pdf

Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625– 1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952

Nurani, Y. (2020). Memacu kreativitas melalui bermain (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). Efektivitas Penerapan E- Modul Berbasis Kvsoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Journal of informatic education, 2(1). https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839

Rochmatutulloh, A. S. (2017). Konsep pemantapan materi (KPM) : ilmu pengetahuan alam (A. S. Rochmatutulloh (ed.); 1st ed.). Deepublish.

Romayanti, C., Sundaryono, A., Handayani, D., & Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP, P. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. http://ciciry.azurewebsites.net

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649

Satria Dewi Pendit, S., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar, Scaffolding, 4(3). bhttps://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) (Sugiyono (ed.); 4th ed.). Alfabeta.

Supriyadi, Diana, H., Saputri, D. A., Satiyarti, R. B., & Novitasari, A. (2020). Pengembangan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving disertai Mind Mapping. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 88–94. https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/19

Syamsul Huda, M. (2021). Analisis Kelayakan Bahasa Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 744–747. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Wakhidah, N. (2015). Scaffolding pendekatan saintifik : struktur untuk menerapkan pendekatan saintifik dengan mudah (1st ed.). Jaudar Press.

Wanto, S., Okilanda, A., El Cintami Lanos, M., Dwiansyah Putra, D., Lestari, H., & Awali, M. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi Copyright@Dede Dwianysah Putra, 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.3023

Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif dan kualitatif : penelitian tindakan kelas (PTK) Research and Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.

Penulis

Sekar Reviyana Larasati
sekarreviyanalarasati@gmail.com (Kontak utama)
Diki Rukmana
Larasati, S. R., & Rukmana, D. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.19393

Rincian Artikel