Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Ahmad, R. M., & Wilujeng, I. (2018). Web Module with Image and Mathematical Representation as a Form of Optimization Ability of Creative Thinking and Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012027
Fikrah, Z., Sukma, E., Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas SDN, P. I., Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan, A., & Pesisir Selatan Zakiyatul Fikrah, K. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1183. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5328
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
H, Karwono., Mularsih, H. (2018). Belajar dan pembelajaran : serta pemanfaatan sumber belajar (2nd ed.). PT. Raja Grafindo Persada.
Habibah, U. N., & Mitarlis. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Hidrokarbon. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 9–15. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p9-15
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa (M. Taufik (ed.)). PT. Panca Terra Firma.
Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E- Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 39–51. https://doi.org/10.22219/jp2sd
Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan E- Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Mitra, J., & Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI AuliaurrasyidinTembilahan, 6(1). https://media.neliti.com/media/publications/319230-berpikir-kritis-melalui-pendekatan-saint-17768c36.pdf
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625– 1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nurani, Y. (2020). Memacu kreativitas melalui bermain (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.
Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). Efektivitas Penerapan E- Modul Berbasis Kvsoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Journal of informatic education, 2(1). https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839
Rochmatutulloh, A. S. (2017). Konsep pemantapan materi (KPM) : ilmu pengetahuan alam (A. S. Rochmatutulloh (ed.); 1st ed.). Deepublish.
Romayanti, C., Sundaryono, A., Handayani, D., & Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP, P. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvsoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. http://ciciry.azurewebsites.net
Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3649
Satria Dewi Pendit, S., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar, Scaffolding, 4(3). bhttps://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1941
Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) (Sugiyono (ed.); 4th ed.). Alfabeta.
Supriyadi, Diana, H., Saputri, D. A., Satiyarti, R. B., & Novitasari, A. (2020). Pengembangan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving disertai Mind Mapping. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 88–94. https://semnasfkipunsam.id/index.php/semnas2019/article/view/19
Syamsul Huda, M. (2021). Analisis Kelayakan Bahasa Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 744–747. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Wakhidah, N. (2015). Scaffolding pendekatan saintifik : struktur untuk menerapkan pendekatan saintifik dengan mudah (1st ed.). Jaudar Press.
Wanto, S., Okilanda, A., El Cintami Lanos, M., Dwiansyah Putra, D., Lestari, H., & Awali, M. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi Copyright@Dede Dwianysah Putra, 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.3023
Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif dan kualitatif : penelitian tindakan kelas (PTK) Research and Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Sekar Reviyana Larasati, Diki Rukmana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.