EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 1

Authors

  • Safira Noor Hayati Universitas Negeri Islam Walisongo
  • Ratna Muthia Universitas Negeri Islam Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v8i1.18898

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan menggunakan kartu huruf terhadap peningkatan pemahaman materi setelah terampil membaca pada siswa MI Tarbiyatul Khairat Semarang terhadap materi peristiwa siang dan malam. Latar belakang penelitian berfokus pada rendahnya keterampilan membaca siswa kelas satu sekolah dasar, serta kurangnya minat, dan metode pembelajaran yang monoton menjadi penyebab siswa kesulitan memahami materi bacaan. Oleh karena itu, penelitian ini memanfaatkan kartu huruf sebagai media untuk meningkatkan keterampilan sebagai upaya peningkatan pemahaman terhadap materi bacaan siswa. Rancangan penelitian menggunakan true experimental design berbentuk pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Pengambilan sampel dilaksanakan di MI Tarbiyatul Khairat Semarang dengan sampel 28 siswa dari dua kelas. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match dengan kartu huruf dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bacaan yang diberikan secara signifikan. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan skor pemahaman sebesar 50% dan tingkat peningkatan yang sedang, sedangkan kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan sebesar 12%. Hasil ini menunjukkan keefektifan model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya penerapan metode pengajaran yang inovatif, seperti model pembelajaran make-a match dengan menggunakan kartu huruf, agar siswa terlibat secara aktif dan meningkatkan pemahaman bacaan mereka.

Kata Kunci : Model Pembelajaran;  Metode pengajaran;  Pemahaman Membaca; RTE

References

Ahmad Wildan Faza , Syailin Nichla Choirin Attalina, Aan Widiyono. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 534–541.

Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 327–334.

Denovis, F. O. (2022). Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Underwriting, Hasil Investasi Dan Risk Based Capital Terhadap Laba Perusahaan Asuransi. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi, 13(1), 27–35. https://doi.org/10.33558/jrak.v12i2.3211

Faozah, Askimah, & Ghozali, M. I. Al. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III A SD Negeri 1 Lurah Mengunakan Media Video Pembelajaran Berbasis Model Artikulasi. Action Research Journal Indonesia, 2(11), 200–209.

Khoirurrohman, T., & Irma, C. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kakek (Kartu Kelas Kata) Untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas Kata Bahasa Indonesia. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 11-22.

Lestari, Eliana Ayu. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Fastabiqul Khairat. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 3(1), 53–62.

Milasari, D., & Suminar, T. (2024). Keefektifan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Circ Dan Metode Sq3r Peserta Didik. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1).

Nurul Zuhriah. (2020). Metode Penelitian Dalam Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara..

Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238

Rohimah, Rohimah, Rahayu, Desti, & Rabia, Supriyati Fatma. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SD Muhammadiyah Aimas. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 81–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3635

Rosi’a dan Muhammad Iqbal Al Ghozali. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 1 MI Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon The Effectiveness of Using Letter Card Media in Indonesian Language. Arji, 3(3), 221–231.

Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Metode Sq3r Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 38-45.

Solahudin, Dandi, Misdiana, & Noviati. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–1409.

Syamsuri, Andi Makbul, Rumata, Nini Apriani, Nurhidayat, M., & Haerul, Muh Farhan. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Dalam Observasi Lapangan Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar dengan Mahasiswa Universita Lakidende. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 7–12.

Syatauw, Gabriela Rosalia, & Rumaf, Nouval. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 2(2), 1–7.

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Uciatun, U., Japar, M., & Sapriati, A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Make A Match Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 384-397.

Utami, D. P., & Ari, P. (2020). Uji homogenitas tepung ikan pada sampel uji banding antar laboratorium di balai besar riset budidaya laut dan penyuluhan perikanan. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 18(2), 139–143.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wahyuni, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Temas 02 Batu Melalui Penerapan Metode Make a Match Berbantuan Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 329–353

Published

2024-05-29

Issue

Section

Artikel