UPAYA GURU MENGEMBANGKAN IMAJINASI SISWA DALAM MEMBUAT PUISI DI KELAS IV MIN 1 KENDAL

Anies Nur Kholifah (1), Ratna Muthia (2)
(1) Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum berkembang imajinasinya dalam membuat puisi karena kurangnya pengembangan imajinasi. Tujuan dari penelitian ini ialah guna memahami upaya guru mengembangkan imajinasi siswa dalam membuat puisi di kelas IV MIN 1 Kendal, serta  faktor pendukung serta penghambat dalam melakukan pengembangan imajinasi siswa dalam membuat puisi di kelas IV MIN 1 Kendal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dijalankan dengan observasi, wawancara,  serta dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti mengadakan wawancara dengan pihak yang terkait, yakni Ibu Ana Lutfiany, S.Pd,I selaku guru kelas IV B, Syifa Khoirunnisa serta Misbah selaku siswa kelas IV B. Selain itu, peneliti juga menjalankan observasi saat pembelajaran menulis puisi di kelas. serta dokumentasi pada kajian ini berupa data yang menggambarkan upaya guru mengembangkan imajinasi siswa dalam membuat puisi di kelas IV MIN 1 Kendal. Teknik analisa data dijalankan secara interaktif melalui aspek yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta mengambil kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data memakai triangulasi sumber. Bisa dipahami jika hasil penelitian memperlihatkan jika upaya guru mengembangkan imajinasi siswa dalam membuat puisi di kelas IV MIN 1 Kendal memiliki dampak yang positif serta bisa mengembangkan imajinasi siswa dalam membuat puisi.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alwanny, H. (2013). Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, 2(1).

Amalia, N., Sari, N. A. P., & Noviani, R. T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12.

Dimyati, Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta

Fatoni, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Joyfull Learning Melalui Media Puzzle Bermuatan Konservasi Alam Pada Siswa Kelas VII 4 SMP 1 Pegandon Kendal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Handayati, W., Syahrul, R., & Afnita, A. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IX1 SMPN 5 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 226–232.

Harianto, B. T., & Harjono, H. S. (2018). Pengaruh metode sugesti Imajinasi dan Kreativitas terhadap keterampilan menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–19.

Lazuardi, D. R., & Priyatno, A. (2017). Teknik Guru Bertanya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 11 RPL 3 SMK Negeri Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 90–98.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Muizz, A., Mirnawati, L. B., & Naila, I. (2022). ANALISIS KEGIATAN SABTU LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 33-41.

Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Nur, A. Z. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 6(1).

Peter, S., & Yeni, S. (1991). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putri, E. N. D., & Desyandri, D. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 233–236.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.

Supendi, D. A., & Suparman, F. (2021). PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMK BINA MANDIRI 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 161–174.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa

Trimantara, P. (2005). Metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis dengan media lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1–15.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Penulis

Anies Nur Kholifah
anies_1903096105@student.walisongo.ic.id (Kontak utama)
Ratna Muthia
Kholifah, A. N., & Muthia, R. (2024). UPAYA GURU MENGEMBANGKAN IMAJINASI SISWA DALAM MEMBUAT PUISI DI KELAS IV MIN 1 KENDAL. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.18881

Rincian Artikel