UPAYA GURU MENGEMBANGKAN IMAJINASI SISWA DALAM MEMBUAT PUISI DI KELAS IV MIN 1 KENDAL
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Alwanny, H. (2013). Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, 2(1).
Amalia, N., Sari, N. A. P., & Noviani, R. T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12.
Dimyati, Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta
Fatoni, N. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Joyfull Learning Melalui Media Puzzle Bermuatan Konservasi Alam Pada Siswa Kelas VII 4 SMP 1 Pegandon Kendal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).
Handayati, W., Syahrul, R., & Afnita, A. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IX1 SMPN 5 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 226–232.
Harianto, B. T., & Harjono, H. S. (2018). Pengaruh metode sugesti Imajinasi dan Kreativitas terhadap keterampilan menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–19.
Lazuardi, D. R., & Priyatno, A. (2017). Teknik Guru Bertanya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 11 RPL 3 SMK Negeri Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 90–98.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Muizz, A., Mirnawati, L. B., & Naila, I. (2022). ANALISIS KEGIATAN SABTU LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 33-41.
Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Nur, A. Z. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 6(1).
Peter, S., & Yeni, S. (1991). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Putri, E. N. D., & Desyandri, D. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 233–236.
Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.
Supendi, D. A., & Suparman, F. (2021). PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMK BINA MANDIRI 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 161–174.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa
Trimantara, P. (2005). Metode sugesti-imajinasi dalam pembelajaran menulis dengan media lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4), 1–15.
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Anies Nur Kholifah, Ratna Muthia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.