Pengaruh Permainan Bingo, Efikasi Diri dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Maryati Nuraidah Universitas Terbuka
  • Happy Karlina Marjo
  • Sri Tatminingsih

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18509

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bingo, efikasi diri dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan  dengan metode eksperimen.  Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pra eksperimental.  Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh permainan bingo, efikasi diri dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Perangkat lunak yang digunakan adalah SPSS 24.  Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah mengikuti pelajaran dengan bermain bingo. Berdasarkan koefisien regresi dapat dibuat persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4,510 + 0,222 X1 + 0,146 X2 + 0,516 X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dipengaruhi oleh permainan bingo, efikasi diri dan minat belajar.  Pengaruh yang ditimbulkan oleh ketiga variabel bebas tersebut adalah sebesar 0,917 atau 91.7% sedangkan sisanya sebesar 8,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model penelitian. Saran yang dapat diberikan adalah kegiatan belajar yang memanfaatkan kegiatan bermain mampu memberikan suasana yang lebih ceria bagi siswa serta meningkatkan efikasi siswa agar tidak ragu untuk aktif dalam pembelajaran.

References

Bausad, A. A., & Arif Yanuar, M. (2017). Analisis Karakter Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Penjaskes Di Sekolah Dasar Negeri Se Kota Mataram. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 134–140. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Semnas/article/download/301/291

Badjeber, R. ., & Suciati, I. . (2021). PENGGUNAAN METODE PERMAINAN “BINGO MATEMATIKA†PADA MATERI BANGUN DATAR. Aksioma, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.22487/aksioma.v10i1.830

Chumdari, C., Sri Anitah, S. A., Budiyono, B., & Nunuk Suryani, N. (2018). Implementation of Thematic Instructional Model in Elementary School. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 23–31. https://doi.org/10.24331/ijere.424241

Frengky. (2015). Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2), 151–163. https://doi.org/10.22146/jpsi.7949

Konak, A., Kulturel-Konak, S., & Cheung, G. W. (2019). Teamwork attitudes, interest and self-efficacy between online and face-to-face information technology students. Team Performance Management, 25(5–6), 253–278. https://doi.org/10.1108/TPM-05-2018-0035

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.

Oktalia, H., Sapri, J., & Turdjai. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MA di Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 38–47.

Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

Rahayu, P., & Widodo, S. (2016). Implementasi Dan Pengembangan Model Permainan Funtastic “Ganbatte Dan Bingo Matematik†Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i2.1295

Sari, R. N. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penyelesaian Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 297. https://doi.org/10.21009/JPD.072.09

Schultz, D. ., & Schultz, S. . (2010). Psychology and Work Today (Tenth). Pearson Education Inc.

Setyowati, F., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2019). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika pada SIswa Kelas IV SD Segugus Rujakbeling Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 290–293.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (P. D. Sugiyono (ed.)). Alfabeta.

Suwarto. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285–294.

Suyatno, S., & Pembelajaran, M. (2019). MINAT SISWA TERHADAP MATEMATIKA.

Winarsih, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar “Perkalian Bilangan Dua Angka†Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi, 4(1), 34. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5088

Published

2023-07-24

Issue

Section

Artikel