Korelasi antara Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009

Nila Meisasi Kusuma Dewi (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unuversitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui korelasi antara mata kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji analisis korelasi. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah tahun angkatan 2009 yaitu sebanyak 34 mahasiswa. Hasil penelitian uji korelasi antara mata kuliah Matematika SMA I dengan PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Sedangkan pada pengujian korelasi antara mata kuliah Matematika SMA II dengan mata kuliah PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Pada pengujian rata – rata Matematika SMA I dan II dengan PPL diperoleh αhitung > αtabel yakni 0.072 > 0.05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi, tetapi ada hubungan yang lemah dengan arah positif yang tidak signifikan pada signifikansi 0.05.

Full text article

Generated from XML file

References

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi-matematika/ diunduh tanggal 15 Maret 3013.

Irianto, Agus. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik Terapan. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Soemantri, Sandha. (2012). Korelasi Antara Komposisi Peserta Tes Dengan Kecemasan Siswa, Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surabaya: Universitas Muhammadiyah. Skripsi tidak dipublikasikan.

Sunarto. (2001). Metodologi Penelitian Ilmu – Ilmu Sosial dan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Universitas Muhammadiyah Surabaya. (2011). Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Wikanta, Wiwi dkk. (2009). Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Authors

Nila Meisasi Kusuma Dewi
nilameisasi88@gmail.com (Primary Contact)
Kusuma Dewi, N. M. (2016). Korelasi antara Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/221

Article Details