Penerapan Pendekatan SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Martha Umi Hidayanti (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Muhammmadiyah 10 Surabaya. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 4,88% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 43,59% dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83,97%. Aktivitas siswa sangat berhasil dengan kriteria unsur somatis sangat baik, unsur auditori baik, unsur visual baik, dan unsur intelektual juga baik. Pengelolaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,67 dengan kriteria sangat baik. Respon siswa siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI adalah positif.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.

Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya : Unesa Press.

Porter, Bobbi De. 2000. Quantum Learning. Bandung : Kaifa.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Wati, Nora Pratama. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Peer Lesson Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Surabaya Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi. Surabaya : UMSurabaya.

Yuliatin, Ika Dewi. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Pendekatan SAVI pada Materi Segiempat dan Segitiga di kelas VII SMPN 1 Bangsal Mojokerto. Skripsi. Surabaya : Unesa.

Penulis

Martha Umi Hidayanti
thamartha73@yahoo.com (Kontak utama)
Hidayanti, M. U. (2016). Penerapan Pendekatan SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/217

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.