Penerapan Pendekatan SAVI dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Muhammmadiyah 10 Surabaya. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 4,88% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 43,59% dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83,97%. Aktivitas siswa sangat berhasil dengan kriteria unsur somatis sangat baik, unsur auditori baik, unsur visual baik, dan unsur intelektual juga baik. Pengelolaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata 3,67 dengan kriteria sangat baik. Respon siswa siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI adalah positif.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya : Unesa Press.
Porter, Bobbi De. 2000. Quantum Learning. Bandung : Kaifa.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Wati, Nora Pratama. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Peer Lesson Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Surabaya Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi. Surabaya : UMSurabaya.
Yuliatin, Ika Dewi. 2011. Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Pendekatan SAVI pada Materi Segiempat dan Segitiga di kelas VII SMPN 1 Bangsal Mojokerto. Skripsi. Surabaya : Unesa.
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.