Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu

Authors

  • Pebrian Tarmizi PGSD FKIP Universitas Bengkulu
  • Panut Setiono PGSD Universitas Bengkulu
  • Yuli Amaliyah STAI Ahsanta Jambi
  • Arief Agrian PGSD Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i2.7090

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran di sekolah dasar pada tema sehat itu penting. Soal ujian yang digunakan oleh guru hendaknya diuji kelayakannya terlebih dahulu untuk mengetahui masingh-masing butir soal dapat digunakan untuk mengukur kompetensi yang akan diukur. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda pada tema sehat itu penting. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 90% soal berkategori valid dan 10% soal berkategori tidak valid, tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 sebesar 0.83, tingkat kesukaran soal dengan presentase sebesar 15% soal termasuk sedang dan 85% soal termasuk kategori sangat tinggi, pada tingkat daya beda terdapat 35% atau sebanyak 7 soal berkategori daya pembeda baik, 55% atau sebanyak 11 soal berkategori sedang  dan 10% atau sebanyak 2 soal berkategori Buruk. Sedangkan analisis fungsi pengecoh menunjukkan 10% pengecoh soal berfungsi dengan baik yang terdapat pada 18 butir soal dan 90% pengecoh soal yang tidak berfungsi yang tersebar pada 20 butir soal.

Kata Kunci: Analisis, Soal, Pilihan Ganda

 

Abstract: This research was conducted as an effort to improve the learning process and assessment in learning in elementary schools on the important theme of health. The test questions used by the teacher should be tested for their feasibility first to find out that each item can be used to measure the competence to be measured. This research was conducted using quantitative methods. The instrument used was multiple choice questions on an important healthy theme. Data analysis was performed using SPSS. The results showed 90% of the questions were in the valid category and 10% of the questions were in the invalid category, the reliability level was high with R1 of 0.83, the difficulty level of the questions with a percentage of 15% of the questions was medium and 85% of the questions were very high, at the level of difference there were 35 % or as many as 7 questions in the good distinguishing power category, 55% or as many as 11 questions in the medium category and 10% or as many as 2 questions in the Bad category. Meanwhile, the distractor function analysis showed that 10% of the distractor questions were functioning properly in 18 items and 90% of the non-functional questioners were spread over 20 items.

Keywords: Analysis, Test, Multiple Choice

References

Dari Buku

Anwar, C. 2017, Teori – teori Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan ke-2, jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, I dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Brennan, R.L. 2006. Educational measurement. Fourth Editon. Praeger Publishers, 88 Post Road West, Westport CT. 06881.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryono, dkk. 2013 Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susetyo, B. 2011. Menyusun Tes Hasil Belajar. Bandung: Cakara.

Dari Jurnal

Anita, Tyowati, S. Zuldafrial. 2018. Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 16, No. 1, Juni 2018.

Hadiana, D. 2015. Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 1, April 2015, Hal: 15-25.

Liesfi, N. F. R. 2016. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Teori Kejuruan Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia. Hal: 1-11.

Suherman. 2018. Pengelolaan Program Ulangan Harian Bersama (Uhb) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid ISSN 2579-4876 e-ISSN 2579-3470 Volume 2 Nomor 2, Oktober 2018.

Tilaar, A.L.F. Hasriyanti. 2019. Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia), 8(1), 2019, 57-68 DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068.

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914.

Published

2021-01-12

Issue

Section

Artikel