ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Lutfiah Hanny Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zaini Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.17135

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk mempermudah dalam upaya untuk peningkatan kemampuan membaca pada siswankelas V Sekolah Dasar Mutiara Mencirim dengan menerapkan metode eja pada kegiatan belajar Bahasa Indonesia. Melakukan tes lisan berupa membaca pada siswa yang ada di kelas V  merupakan metode yang dilakukan oleh peneliti dalam mendapatkan sampel dalam kegiatan penelitian biasa disebut dengn metode random sampling. Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas melalui ujian berupa Pre-test dan Post-test. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pengamatan ini yaitu menunjukkan adanya efektivitas yang muncul pada saat menggunakan metode eja dalam upaya untuk menaikkan keahlian dalam membaca para peserta didik pada bidang studi Bahasa Indonesia di kelas V SD Mutiara Sei Mencirim dengan memperlihatkan hasil yang positif. Terdapat nilai yang cukup menonjol yang menunjukkan adanya perbedaan dalam keterampilan membaca sebelum dan setelah digunakannya metode eja melalui perbandingan t yang didapatkan dari kalkulasi (t0 = 13,42) dan besarnya “t†yang terdapat pada tabel nailai t (tt.ts.5% = 2,57 dan tt.ts.1% = 4,03) oleh sebab itu dapat dipahami jika t0 lebih tinggi dari tt,yakni 2,57<11,16>4,03. Dikarenakan t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang di ajukan di awal di tolak, hal ini menunjukkan jika terdapat kontras skor pada kegiatan belajar membaca permulaan sebelum dan setelah digunakannya metode eja yang menjadi akibat terhadap pentingnya atau adanya selisih yang dapat meyakinkan (relevan).

References

Andriani, S., & Elhefni, E. (2015). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Disleksia) (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Quraniah Viii Palembang). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 148–175. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.521

Budiani, L., Marhaeni, A., & Putrayasa, I. B. (2018). Kesulitan Membaca Kata Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun Di Sekolah Sdn 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Bali. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2695

Farida, R., & Albar, M. (2022). PENERAPAN METODE EJA DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I MI. 2(1).

Hidayat. (2019). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32.

Ibrahim, E., & Irawan, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Sirongo-Folaraha Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Pendidikan Dodoto, 21(21), 19–27.

Irdamuri, Kasiyati, Zulmiyetri, & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2).

Karmila, M. D. (2008). Efektivitas Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas I Di Sd N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(8).

Karmila, M. D. (2018). Efektivitas Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Pemulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas I Di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 7(7), 676–684.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Ningsih, O. F., & Hasan, Y. (2019a). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Eja bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas V di SD Negeri 32 Kuranji Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 110–115.

Ningsih, O. F., & Hasan, Y. (2019b). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas V Di SD Negeri 32 Kuranji Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2).

Pratamawati, T., Solikhah, A., & Haryani, S. (2015). Perspektif Negatif Terhadap Anak Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia, 154–161.

Rumantir, Silvia Maya., M. R. dan D. M. (2019). Upaya Guru Mengenalkan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–8.

Safitri, F., Ali, F. N., & Latipah, E. (2022). Ketidakmampuan Membaca (Disleksia) dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7713

Yohana, Syamsiati, & Uliyanti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Eja Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–15.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel