PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Winda Putri Sakinah Universitas Muhammadiyah Proff. Dr. Hamka
  • Nini Ibrahim Universitas Muhammadiyah Proff. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14066

Abstract

Abstrak: Membaca merupakan metode pengumpulan informasi yang sangat penting karena dinilai dapat memberikan pengetahuan yang lebih dari metode yang lain. Hal ini sering didengar dan diucap dalam ungkapan yakni membaca merupakan jendela dari dunia, oleh karena itu diperlukan cara membaca yang efisien dan metode SQ3R dapat menjadi opsi. Metode ini belum banyak diterapkan pada siswa Sekolah Dasar, seperti SDN Warakas 03 Pagi. Dengan begitu, tujuan penelitian yang berusaha dicapai adalah untuk menjabarkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV setelah mendapatkan intervensi metode SQ3R dalam pembelajaran. Metode yang telah digunakan adalah quasi eksperimen dan pot test only sebagai desain penelitian. Teknik sampel acak dipilih untuk mewakili populasi dengan baik. Cara menganalisis data di penelitian ini adalah menggunakan uji independent t test. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai 16thitung ">  0.017 dan  ttabel">  0,05. Karena  thitung">  <  16ttabel">  (0,017 < 0,05), Ho di tolak dan Ha diterima, yang diartikan sebagai rerata keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD yang diberikan intervensi berupa metode SQ3R lebih ampuh dari keterampilan membaca pemahaman siswa tanpa intervensi. Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa metode SQ3R memiliki pengaruh kepada keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Warakas 03 Pagi.

References

Astar. (2018). Pengaruh metode pembelajaran survey, guestion, read, recite, dan review sq3r terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas v sd inpres mattirowalie kabupaten barru.

Cahyani Ari Putri, I., Semara Putra, Dbk., Zulaikha, S., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahas indonesia kelas V SD. In Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2, Issue 1).

Dewi, D. K., Setiawan, H., & Makki, M. (2021). PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan menentukan perubahan kulitas kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan . mengembankan. 1(2), 44–51.

Fitriyani, D., & Tussolekha, R. (n.d.). Membaca Pemahaman Mahasiswa Menggunakan Metode SQ3R Untuk Menemukan………….

Halimah, A., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Sultan, J., 36, A. N., & Gowa, S. (n.d.). PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN.

HAMZAH, N. H. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ( SQ3R ) SURVEY , QUESTION , READ , RECITE , AND REVIEW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA AGAMA ISLAM KELAS VIII SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd ) Pada Program Studi Pe.

Jeklin, A. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAN SISWA KELAS V. July, 1–23.

Juwariah, J. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 165. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5292

Maesaroh, S. (2021). Sq3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 469. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3137

Muliana, W. (2016). Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv. Jpsd, 2(1).

Riduwan, S. P. V.-V. P. (2018). PENGARUH METODE SQ3R DI KELAS X SMAN 2 SIAK HULU.

Sanjaya, W. (n.d.). Strategi pembelajaran SQ3R.

Sari, E. N., Bakhraeni, R., & Rokhayati, A. (2014). Pengaruh Teknik Sq3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 38–45.

Setyowati, Y. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Memahami Bacaan SIswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 80. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5729

Susanti, S., Purmintasari, Y. D., & Suwarni. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 97–104.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel