PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DAN KARAKTER PADA KELAS IV SUBTEMA 3 BANGGA TERHADAP DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Prasita Puspita Sari
Rintis Rizkia Pangestika
Muflikhul Khaq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan kelayakan media komik yang bermuatan kearifan lokal dan karakter di kelas IV subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di sekolah dasar dengan menggunakan metode RnD (penelitian and pengembangan) dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Krandegan yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi,  dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon didik. Analisis data menggunakan skala likert untuk menentukan kualitas produk media komik yang dikembangkan. Hasil kelayakan media komik dari ahli materi dan media dengan kategori “sangat baikâ€. Selanjutnya, kepraktisan diperoleh dari respon peserta didik pada tiga tahap uji coba yaitu dengan kategori “sangat baikâ€. Berdasarkan hasil analisis data ahli materi, ahli media dan respon peserta didik dapat disimpulkan media komik layak untuk pembelajaran.

Article Details

References

  1. Anggito, A., & Sartono, E. K. E. (2022). The development of multicultural education comics to embed tolerance character for 4th grade of elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 66-81. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.40504
  2. Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9).
  3. Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
  4. Darmadi, H. (2018). Educational Management Based On Local Wisdom (Descriptive Analytical Studies Of Culture Of Local Wisdom In West Kalimantan). JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning), 3(1). http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v3i1.603
  5. Darmawan, C. A., Khaq, M., & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik Pada Pembelajaran PKN Materi Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 36-44. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8026
  6. Kharisma, A. (2019). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter Untuk Muatan Pembelajaran IPS Materi Keragaman Ekonomi Indonesia Kelas IV B SDN Pudakpayung 02 Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/34715/1/1401415328
  7. Kim, S & Lee, Y. (2016). iStoryBook: An Interactive Media Supporting Dialogic Reading for Children’s Reading Comprehensionâ€. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 11(11), 383-392. https://doi.org/10.14257/ijmue.2016.11.11.35
  8. Kristiyanto, D & Rahayu, T. S. (2020). Developmen of Comic Media On Learning There 7 Subthema 4 In Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 4(4), 530-536.
  9. Kurniasih, I & Sani, B. (2017). Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran Disekolah. Bandung: PT Rosdakarya.
  10. Kusnoto, Y. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
  11. Lickonna. T. (1992). Education for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
  12. Lubis, M. A., Sari, M., & Yunita, I. (2017). Kualitas Bahan Ajar Komik dalam Tingkat Pemahaman Belajar Peserta Didik. 45–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479.s96
  13. Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
  14. Pangestika, R. R., Yansaputra, G., & Setyanto, S. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia with Lokal Purworejo Culture on Learning Outcomes of Class V Elementary School Students. Conference, Internation Education, Elementary Indonesia, Universitas Indonesia, 3, 629-632.
  15. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
  16. Sari, A. W. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kebudayaan Daerah Lampung Kelas V MI/SD. Skripsi, Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/13096/1
  17. Sari, P. P., Ngazizah, N., & Linda, R. F.C. (2021). Kaitan Antara Media Berbasis Kearifan Lokal dan Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol. 3. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1555
  18. Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  19. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
  20. Suryatin, S & Sugiman, S. (2019). Comic Book For Improving The Elementary School Students' Mathematical Problem Solving Skills and Self-Confidence. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 58-72. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.10747
  21. Swandi, I. W., Wibawa, A. P., Pradana, G. Y. K., & Suarkad, I. N. (2020). The Digital Comic Tantri Kamandaka: A Discovery For National Character Education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(3), 718–732.
  22. Widoyoko, S. E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.