PENGEMBANGAN E-LKS GEOMETRI BERBASIS WAYANG SUKURAGA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nuraini Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Elektronik Lembar Kerja Siswa (E-LKS) Geometri berbasis kearifan lokal yaitu kearifan lokal khas Kota Sukabumi, Wayang Sukuraga. Sebagai upaya pelestarian budaya dan pendidikan karakter pada materi geometri untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Tahapan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Validitas E-LKS Geometri diukur berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli wayang sukuraga, dan praktisi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 22 orang siswa terdiri dari 10 orang laki- laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon siswa. Hasil menunjukan E-LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan dengan rata-rata presentase uji validitas sebesar 88,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Validâ€. Serta praktis untuk digunakan berdasarkan angket respon siswa terhadap E-LKS dengan presentasi 90,4% yang termasuk kedalam kategori “Sangat Praktisâ€. Dapat disimpulkan bahwa E-LKS Geometri yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji kevalidan dan kepraktisan.

Author Biography

Siti Nuraini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Nama saya Siti Nuraini, lahir di Sukabumi pada tanggal 8 September 1998. Saya anak pertama dari pasangan Sambas Ardi Soma dan Siti Juariah. Saya pernah bersekolah di SDN Benteng 3 Kota Sukabumi pada tahun 2004-2010, SMPN 10 Kota Sukabumi pada tahun 2010-2013, SMKN 2 Kota Sukabumi pada tahun 2014-2016. Dan saat ini aktif berkuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28- 37.

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Media Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Pendidikan dan Pengembangan, 1(6), 1120-1126.

APPJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). [Internet]. [diakses pada tanggal 28 Desember 2021]. Tersedia di : https://apjii.or.id/survei2019x/kirimlink

Budiono, M. T., Artiono, R. 2019. Geometri Dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu Penelitian Meta Analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.

Chan, F., Budiono, H., Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan dan Bagian-Bagiannya di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 9-17.

Dolong. M. J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.

Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1537-1547.

Farah, R. A., Budiyono. 2018. Pembelajaran Matematika Materi Geometri Di SD Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 373-383.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal Edusains, 4(2), 93-103.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research And Development.

Malang : Literasi Nusantara.

Haerunnisa, N., Wahyudi, A., Nasution. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kampung Nambangan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 19-40

Ilina, S. L., Sutisnawati, A., Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Kreativitas Siswa Daslam Membuat Karya Imajinatif di Kelas Rendah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(2). 265-273.

Ja’far, M., Sunardi., K, A. I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Konsisten dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Educatian (RME) pada Bab Kesebangunan dan Kekongruenan Bangunan Datar Kelas IX SMP. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(3), 29-35.

Lyesmaya, D., Musthafa, B., Sunendar, D. (2020). Local Wisdom Value’s-Based Literacy Education Learning Model In Elementary School. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012030.

Lyesmaya, D., Musthafa, B., Sunendar, D. (2020). Etnopedagogik Wayang Sukuraga.

Sukabumi : UMMIPress.

Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Sumiarsa. D. (2019). Pengaruh Wayang Sukuraga Terhadap Literasi Siswa Kelas Tinggi SD Kota Sukabumi. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 105-110.

Oktafiyani., Karlimah. (2021). Analisis Bahan Ajar Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 233- 253.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah : Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352

Prabawa, D. G. A. P., Sudarma, I. K., Sukmana, A. I. W. I. Y. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKS bagi Guru-guru SD di Gugus 3 Kecamatan Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha. Buleleng (Indonesia) : Universitas Pendidikan Ganesha. 1496-1504

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Putra, I. R., Sukartiningsih, W. Indarti T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningngkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 1- 18.

Putra, R. S., Wijayati, N., Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2008.

Putri, D. A. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Kelas 2Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal)

: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 23-44.

Rosnaningsih A., Ardelia, E., Anggestin T. (2021). Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model ADDIE di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tanggerang. Jurnal Ikraith-Humaniora, 5(3), 44-53.

Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika.

Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistiani, E., Masrukan, (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X. Semarang (Indonesia) : Universitas Negeri Semarang. 605-612.

Sulistyaningrum, D. A. (2017).Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154-166.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel